ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN TERHADAP LAYANAN KESEHATAN DI RUANG RAWAT INAP
Abstract
Latar Belakang: Bentuk pelayanan yang efektif bagi pasien jika pelayanannya nyaman, menyenangkan dan petugasnya ramah serta secara keseluruhan memberikan kesan kepuasan terhadap pasien, Kepuasan pasien merupakan tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja pelayanan kesehatan yang diperoleh, setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya dengan pelayanan kesehatan yang diperolehnya.Tujuan: Menganalisis kepuasan pasien terhadap Layanan Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Palembang BARI tahun 2024. Metode: Penelitian menggunakan metode survei analitik dengan rancangan cross sectional studi Penelitian dilaksanakan bulan Juni - Juli tahun 2024, dilakukan di Rawat Inap RSUD Palembang BARI, Responden 119 orang usia 15-79 tahun. Analisis data yang digunakan yaitu analisis univariat, Analisis bivariat dan Analisis multivariat. Hasil: Hasil dari uji statitik didapatkan nilai ada hubungan antara kepuasan pasien dengan Realibility nilai P =0,019. Responsivenes nilai P =0,422, Assurance dengan nilai P =0,081, Empathy dengan nilai P =0,030, Tangible dengan nilai P =0,000. Faktor keseluruhan yang mempengaruhi dengan ketidakpuasan pasien variabel tangible. Saran : Agar pelayanan kesehatan dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan pasien rawat inap.
Kata kunci: Kepuasan Pasien, Rawat Inap.
Full Text:
PDFReferences
Afrilianti, Nur. (2016). Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan Rawat Inap berdasarkan Metode Servqual di Rumah Sakit Umum Daerah Cilegon.Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Anfal, (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Citra Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum Sundari Medan. Exellent Moidwifery Juournal. Volume 3 No. 2, Oktober 2020. P-Issn: 2620-8237. Hal 1-19.
Alim, A., Tangdilambi, N., & Badwi, A. (2019). Jurnal Kualitas Pelayanan Kesehatan (Studi Analitik Terhadap Pasien Rawat Jalan di RSUD Makassar). Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS Dr. Soetomo, 5(2), 165. https://doi.org/10.29241/jmk.v5i2.164
Anindita, S. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Efektif Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh. Universitas Andalas.
Anggraini, (2017). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis Dan Customer Satisfaction Index. Jurnal Industri Vol 4 No 2 Hal 74 – 81.
Antony, Jiju, Antony, Frenie Jiju, dan Ghosh, Sid. (2017). Evaluating Service Quality in a UK Hotel Chain : A Case Study, International Journal of Contemporary Hospitality Management, Vol. 16, No.1, pp. 41-56.
Arikunto S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi (2018). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, A. (2019). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah .Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.
Baan, R. R. S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar. Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis, 5(1), 45–52
.
Bungin. (2017), Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainnya. Jakata : PT. Pajar Interpratama Mandiri
Bustami (2018). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga.
Daryanto dan Ismanto Setyabudi. (2018). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta : Penerbit Gava Media.
Departemen Kesehatan RI. (2018). Rencana Strategi Departemen Kesehatan. Jakarta : Depkes RI.
Fenti Hikmawati. (2017). Metode Penelitian. Depok: Raja Wali Pers.
Handayani.S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi, Volume 14, Nomor 1, September 2016. Hal. 42-48
Herlambang S. (2018). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen.
Indra. Made & Ika Cahyaningrum (2019) Cara Mudah Memahami Metodologi Penelitian. Sleman : CV Budi Utama.
Joko, dkk, (2023). Analisis Faktor-Faktor Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Karanganyar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada Volume 14 No 1, Hal 106-116, Januari 2023 Universitas Kusuma Husada Surakarta.ISSN : 2087 – 5002 | E-ISSN : 2549 – 371X. Hal.106-116.
Kahar, Ayu Wulandari; Palu, Basir; Raodhah S. (2017). Pengaruh Persepsi Mutu Pelayanan Kebidanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSUD Barru Sulawesi Selatan. Public Heal Sci, Vol 9 (2), 124-126
Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.2018. Pedoman Penyelenggaraan Rumah Sakit Mampu PONED.Jakarta : Menkes RI : 2013.
Layuk, E., Tamsah, H., & Kadir, I. (2017). Pengaruh Pengetahuan, Sikap Dan Keterampilan Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rs Labuang Baji Makassar. Jurnal Mirai Management, 2(2), 319–337.
Machmud. R. (2018). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Studi Literature. Jurnal Kesehatan Masyarakat, Maret 2008 - September 2008, Ii (2). Hal 186- 190.
Megawati Fitria., Ni Putu Udayana Antari, (2016). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Rumah Sakit Umum Daerah Klungkung Medicamento, 2017, Vol. 3 No.2: 121-125.
Mirzafanny (2019). Studi Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Kota Kendari.Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kota Kendari. Volume 01 | Nomor 02 |Desember | 2019 ISSN: 2686-4401.
Nany Librianty, (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan. Volume 1, Nomor 2, Oktober 2017.ISSN 2623-1573(Online) ISSN 2623-1581 (Print). Prepotif Jurnal Kesehatan Masyarakat.Hal .10-17.
Nopia, W. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Rumah Sakit dengan Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan di Instalasi Rawat Inap Kelas III Rumah Sakit Umum Panembahan Senopati Bantul. (Skripsi Ilmiah). Yogyakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.
Priyono.(2017), Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zafatama Publishing
Rahmawati (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine Vol. 6 No. 2 Oktober 2020 Universitas Ubudiyah Indonesia e-ISSN : 2615-109X. hal 1097- 1112
Riska Dwi Agustin-Kasno T. Kasim-Noer Aisyah Barlian. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSUD Pasiaran Kabupaten Lumajang. Jurnal Riset Manajemen Vo. 1 No. 2, September 2018.
Roy. R.dkk (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar. Volume 5, Nomor 01, Juni 2020. Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis. E-ISSN : 2502 – 1798. Hal 45-57.
Sri Anjayati. (2021). Review Artikel: Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Menggunakan Metode Servqual. Nurshing Care And Health Technology. Volume 1 Nomor 1
Tjiptono, Fandy (2018). Service Management. Yogyakarta : Andi
DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i1.1315
Refbacks
- There are currently no refbacks.