ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN

Suhendri Suhendri, Gema Asiani, Nani Sari Murni

Abstract


Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan penilaian terhadap baik atau buruknya kualitas pelayanan kesehatan yang diterima oleh pasien. Tingkat kepuasan pasien sangat penting dan berhubungan erat dengan tingkat kunjungan kembali pasien, hal ini dapat digunakan sebagai indikator terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Untuk dapat menilai tingkat kepuasan pasien tersebut, terdapat lima dimensi penilaian terhadap kualitas pelayanan kesehatan, yaitu keandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (empathy), dan berwujud (tangible). Tujuan: Diketahuinya hubungan dan pengaruh lima dimensi penilaian terhadap kualitas pelayanan kesehatan, yaitu reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan tangible dengan kepuasan pasien Metode: Penelitian ini adalah survey kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, pengambilan sampel menggunakan metode consecutive sampling yang dilakukan selama bulan Juni 2024 di Instalasi Graha Eksekutif, dengan jumlah sampel sebanyak 137 responden, analisis data yang dilakukan meliputi analisis data univariat, data bivariat menggunakan uji Chi Square dan dan data multivariat dengan uji regresi berganda. Hasil: Ada hubungan reliability dengan kepuasan pasien (P: 0.000), ada hubungan responsiveness dengan kepuasan pasien (P: 0.000), ada hubungan Assurance dengan kepuasan pasien (P: 0.007), ada hubungan Emphaty dengan kepuasan pasien (P: 0.000), ada hubungan Tangibel dengan kepuasan pasien (P: 0.012). Saran : Diharapkan RSUD Palembang BARI untuk fokus pada peningkatan aspek-aspek dimensi penilaian guna meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan rumah sakit secara umum.

 

Kata Kunci: Kepuasaan Pasien, keandalan), ketanggapan, jaminan, empati, dan berwujud.


Full Text:

PDF

References


Effendi, K. (2020) ‘Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019’, Excellent Midwifery Journal, 3(2), pp. 82–90. Available at: https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127.

Erosion;, A.H. infiltration equations; A.A.B.C. change; D. ion; D. model; D.D. (2009) ‘Undang-Undang No 36 Tahun 2009’, American Journal of Research Communication, 5(August), pp. 12–42. Available at: http://downloads.esri.com/archydro/archydro/Doc/Overview of Arc Hydro terrain preprocessingworkflows.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jhydrol.2017.11.003%0Ahttp://sites.tufts.edu/gis/files/2013/11/Watershed-and-Drainage-Delineation-by-Pour-Point.pdf%0Awww.

Effendi, K. (2020) ‘Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Uptd Puskesmas Mutiara Tahun 2019’, Excellent Midwifery Journal, 3(2), pp. 82–90. Available at: https://doi.org/10.55541/emj.v3i2.127.

Erosion;, A.H. infiltration equations; A.A.B.C. change; D. ion; D. model; D.D. (2009) ‘Undang-Undang No 36 Tahun 2009’, American Journal of Research Communication, 5(August), pp. 12–42. Available at: http://downloads.esri.com/archydro/archydro/Doc/Overview of Arc Hydro terrain preprocessingworkflows.pdf%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jhydrol.2017.11.003%0Ahttp://sites.tufts.edu/gis/files/2013/11/Watershed-and-Drainage-Delineation-by-Pour-Point.pdf%0Awww.

Marzuq N, A.A. (2024) ‘British Writers, Popular Literature and New Media Innovation, 182045.’, 6, pp. 13995–14008.

Nugraha, M. and Sumadi, S. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Type C Kabupaten Kebumen’, Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 11(2), pp. 97–102. Available at: https://doi.org/10.36982/jiegmk.v11i2.1190.

Nur’aeni, R., Simanjorang, A. and . J. (2020) ‘Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang’, Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), p. 1097. Available at: https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152.

Selpi, Narmi and Narmawan (2020) ‘Jurnal Keperawatan Hubungan Pendelegasian dan Supervisi dengan Semangat Kerja Perawat’, Jurnal Keperawatan, 03(03), pp. 17–22.

Soumokil, Y., Syafar, M. and Yusuf, A. (2021) ‘Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), pp. 543–551. Available at: https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.645.

Zainaro, M.A. and Nurhidayat, M. (2020) ‘Pengaruh kinerja petugas kesehatan pada tingkat kepuasan pasien’, Holistik Jurnal Kesehatan, 14(2), pp. 187–194. Available at: https://doi.org/10.33024/hjk.v14i2.2442.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i1.1318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats