ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN MEDICAL CHECK-UP TERHADAP KEPUASAN PASIEN

Ilham Ilham

Abstract


Latar Belakang: Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk evaluasi konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dan Tingkat pelayanan yang diharapkan. Kualitas pelayanan menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Namun, sering kali terdapat kesenjangan antara harapan konsumen dengan realitas pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa. Tujuan: untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan kesehatan Medical Check-Up(MCU) terhadap kepuasan pasien di RSUD Palembang Bari Kota Palembang tahun 2024. Metode: Jenis penelitian ini adalah survey analitik dengan pendekatan cross sectional di Unit Medical Check Up RSUD Palembang Populasi penelitian adalah masyarakat yang berkunjung ke RSUD Palembang BARI yang mendapatkan pelayanan Medical Check Up (MCU). Sampel yang diambil berjumlah 178 responden. Cara pengambilan sampel adalah dengan accidental sampling. Pengambilan data dengan wawancara menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan uji statistik Chi Square. Hasil: Hasil analisis menunjukan bahwa ada hubungan bermakna antara dimensi kualitas pelayanan (p < 0.05) dengan tingkat kepuasan pasien, yaitu untuk tangible (p-Value=0,002), reliability (p-Value=0,001) , responsiveness (p-Value=0,007), assurance (p-Value=0,001), dan emphaty (p-Value=0,032). Hasil analisis multivariat didapatkan faktor yang dominan dengan keuasan pasien adalah responsiveness dan emphaty pada pelayanan Medical Check Up (MCU) di RSUD Palembang BARI tahun 2024. Saran : Diharapkan pada RSUD Palembang BARI untuk fokus pada peningkatan aspek-aspek tersebut guna meningkatkan kepuasan pasien dan kualitas pelayanan rumah sakit secara umum.

 

Kata kunci : Kepuasan pasien, pelayanan, pemeriksaan kesehatan.


Full Text:

PDF

References


Anwary, A. Z. (2020). Hubungan Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Durian Gantang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(1), 397–409. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i1.627

Bakhrun, A., & Hutahaean, J. (2021). Proses Bisnis Layanan Medical Checkup (MCU) Menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(2), 117. https://doi.org/10.22146/jkesvo.61269

Chirstiani, M., Lestiawaty, R., & Berliana, N. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasaan Pasien di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Kesmas Jambi (JKMJ), 4(2), 6–16.

Kemenkes RI. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah sakit. Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kemenkes RI. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah sakit. jakarta, Menteri Kesehatan Republik Indonesia.

Kurniawan, B. (2019). Analisis pemanfaatan layanan Medical Check-Up di Rumah sakit TK.II Moh. Ridwan Meuraksa Jakarta Timur. Jurnal Medika Hutama, 01(01), 29–36. https://www.jurnalmedikahutama.com/index.php/JMH/article/view/18

Lombogia, C. A., & Tewu, G. D. K. H. (2014). Perencanaan Strategis Unit Medical Check Up Rumah sakit Advent Manado Tahun 2014. Jurnal Jikmu, 5(1), 71–79.

Mernawati, D., & Intan, Z. (2016). Analisis Faktor - Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PuskesmasLamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 1(1), 45–52.

Mulyasari, I., Kodyat, A. G., & Windiyaningsih, C. (2020). Pengembangan Strategi Pemasaran Medical Check Up (MCU) Di Rumah sakit Anna Medika Bekasi Untuk Meningkatkan Pendapatan. Jurnal Manajemen Dan Administrasi Rumah sakit Indonesia (MARSI), 4(2), 98–111. https://doi.org/10.52643/marsi.v4i2.799

Nurheda, Usman, & Ayu, D. P. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasaan Pasien Pengguna Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) di Puskesmas Maiwa Kabupaten Enrekang. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 1(3), 201–216.

Saragih, A. H., & Muhammad, I. (2021). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Bagian Pendaftaran RSU Mitra Medika Bandar Klippa. Jurnal Rekam Medic, 4(1), 39–52.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i1.1336

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats