ANALISIS PENGAJUAN KLAIM BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN DI RUMAH SAKIT
Abstract
Latar Belakang: Jaminan Kesehatan Kesehatan Nasional dikelola lembaga organisasi asuransi kesehatan yang disebut Badan Pengelola Jaminan Kesehatan (BPJS). Metode perhitungan besaran pembayaran rumah sakit kepada BPJS dilakukan berdasarkan diagnosis atau jenis penyakit yang di alami peserta BPJS dalam menerima pelayanan kesehatan Tujuan: Menganalisis pengajuan klaim oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palembang BARI. Metode: Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen terkait klaim BPJS Kesehatan. Penelitian dilakukan di RSUD Palembang BARI 15 Juli – 15 Agustus 2024. Proses pengumpulan data melalui pedoman wawancara, observasi dan telaah dokumen secara purposive sampling. Informan 7 orang, 1 orang key informan petugas verifikator RS Hasil: Penelitian menunjukkan bahwa terdapat sejumlah tantangan dalam proses pengajuan klaim, termasuk ketidaksesuaian dokumen, keterlambatan dalam pemrosesan klaim, serta perbedaan interpretasi kebijakan antara pihak rumah sakit dan BPJS Kesehatan. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa praktik terbaik dalam pengelolaan klaim yang dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan pasien. Saran: Perlunya perbaikan sistem administrasi klaim dan peningkatan pelatihan bagi staf rumah sakit untuk mengoptimalkan proses pengajuan klaim serta dapat memberikan kontribusi dalam upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan dan pengelolaan klaim BPJS Kesehatan di masa depan.
Kata Kunci: BPJS Kesehatan, Pengajuan Klaim, Pelayanan Kesehatan.
Full Text:
PDFReferences
Sigit Gustiana,Feby Wakyuni Safitri (2022). Analisis Prosedur Klaim BPJS dan SOP Rawat Inap Guna Menunjang Efektivitas Kerja Pegawai di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo bandung, Jurnal Teras Kesehatan
BPJS Kesehatan (2015). Buku Panduan Praktis Administrasi Klaim Fasilitas Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan (2014). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan. Jakarta: BPJS Kesehatan.
BPJS Kesehatan (2021). Buku Petunjuk Teknis Verifikasi Klaim. Jakarta: BPJS Kesehatan; 2014.
Kementrian Kesehatan RI. Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman INA-CBG’s dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI (2016). Peraturan Menteri Kesehatan No. 52 Tahun 2016 Tentang Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI (2021). Peraturan Menteri Kesehatan No. 26 Tahun 2021 Tentang Pedoman INA-CBG’s dalam Pelaksanaan Jaminan Kesehatan. Jakarta.
Kementrian Kesehatan RI (2010). Peraturan Menteri Kesehatan No. 340 Tahun 2010 Tentang Klasifikasi Rumah Sakit. Jakarta.
Pemerintah Pusat (2011). Undang-undang Nomor 24 tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Jakarta.
Pemerintah Pusat (2018). Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Jakarta.
Taliana D. Malonda, at all (2015). Analisis Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di RSUD Dr. Sam Ratulangi Manado. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi. Manado.
Suliantoro (2022). Analisis Pengajuan Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap di Bangsal Sadewa RSUD Saptosari Gunungkidul Yogyakarta. Akademi Manajemen Administrasi Yogyakarta. Yogyakarta.
Ni Wayan Ari Anindita Sari (2023). Analisis Faktor Penyebab Klaim Pending Pelayanan BPJS di Era JKN. Medicina,Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.
Sigit Gustiana (2022). Analisis Prosedur Klaim BPJS dan SOP Rawat Inap Guna Menunjang Efektifitas Kerja Pegawai di PMN Rumah Sakit Mata Cicendo Bandung,. Politeknik Piksi Ganesha.
Wiwin Winarti (2022). Gambaran Sistem Pengajuan Klaim Pasien Rawat Inap BPJS Kesehatan di RSUD X Kabupaten Bandung, Politeknik Al Islam Bandung.
Heri Kusniawan (2021). Analisis Pengajuan Kliam BPJS Kesehatan Non Kapitasi Puskesmas Nanggulan Kabupaten Kulon Progo, D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Politeknik Kesehatan Permata Indonesia.
Ririn Noviyanti Putri (2021). Perbandingan Sistem Kesehatan di Negara Berkembang dan Maju, Jurnal Ilimiah Universitas Batanghari Jambi.
Isnaini Amalia (2022). Gambaran Prosedur Klaim Peserta Rawat Inap BPJS Kesehatan di RSPAD Gatot Subroto Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, April 2023, 3 (4), 259-276
Mordekhai Immanuel Sitorus (2022) Tinjauan Peranan Koder Dalam Pengajuan Berkas Klaim BPJS Kesehatan Pasien Rawat Inap di RSUD DR.R.M.Djoelham Kota Binjai, Jurnal Ilmiah Perekam dan Informasi Kesehatan Imelda.
Amran,R (2023) Prosedur BPJS dan Klaim BPJS oleh Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran, Universitas Baiturrahmah, Padang, Indonesia.
Menteri Kesehatan (2014) Peraturan Menteri Kesehatan No.27 Tentang Juknis Sitem.Indonesian Case Base Groups.Jakarta.
Risky Joko Manaida (2019). Analisis Prosedur Pengajuan Klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Pancaran Kasih GMIM Manado, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi.
DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i1.1337
Refbacks
- There are currently no refbacks.