ANALISIS KEPUASAN PASIEN PADA PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS

Shinta Dewi, Arie Wahyudi, Gema Asiani

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan kesehatan pemerintah baik secara langsung maupun melalui kerjasama dengan pihak masyarakat atau swasta. Kepuasan pasien merupakan harapan pasieln yang ditimbul selbagai akibat dari upaya melakukan peningkatan kualitas mutu pelayanan kesehatan perlu adanya pengukuran tingkat dari kepuasan pasien itu sendiri agar dapat mengetahui dimensi mutu pelayanan sudah sejauh mana pemenuhan harapan pasien telah diselenggarakan. Tujuan: Mengetahui Analisis Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas. Metode: Desain penelitian kuantitatif pendekatan cross sectional. Metode pengambilan sampel dalam penelitian secara purposive sampling. Populasi  875 responden, sampel 90 responden. Penelitian di laksanakan bulan Mei-Juni 2025 di RSUP Dr. Mohammad Hoesin Palembang. Pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Hasil analisa uji statistik  dengan menggunakan uji statistik Chi-Square dan regresi logictic. Hasil: yang ada hubungan yang bermakna terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Tanah Abang Kecamatan Batanghari Leko Kabupaten MUBA yaitu kehandalan, ketanggapan, Jaminan, dan bukti fisik. Dari 5 variabel kandidat multivariat yang diteliti, variabel kehandalan merupakan faktor yang paling dominan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Saran: Pihak Puskesmas Tanah Abang untuk membuat tim  PMKP (Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien) agar melakukan pengamatan pelayanan terhadap pasien secara rutin sehingga mampu mempertahankan keunggulan yang ada dan meningkatkan kualitas pelayanan pada setiap dimensi variabel kepuasan pasien. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan, Rumah Sakit.

Full Text:

PDF

References


Azzahra, F. P., at al . (2023). Hubungan Karaktelristik Pasieln Delngan Kelpuasan Mellalui Pelngukuran Harapan Dan Pelrselpsi Pasieln Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bun Kolsambi Tangelrang. Prelpoltif : Jurnal Kelselhatan Masyarakat, voll 7(3), hal.16114–16131. Diaksels tanggal 05 Marelt 2025 (https://jolurnal.univelrsitaspahlawan.ac.id/indelx.php/prelpoltif/articlel/vielw/19274/14393).

Bolavida del Araujol, El. (2022). Faktolr-Faktolr Yang Melmpelngaruhi Kelpuasan Pasieln Di Pellayanan Pelndaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Relgiolnal Elduardol Ximelnels Baucau Timolr Lelstel Tahun 2022. Jurnal Relkam Meldis & Manajelmeln Infolmasi Kelselhatan, 2(2), 29–39. https://doli.olrg/10.53416/jurmik.v2i2.105.

Christiani, A. M. ., at al. (2023). Deltelrminan Kelpuasan Pasieln di Rumah Sakit Pelmelrintah dan Rumah Sakit Swasta: Litelraturel Relvielw. Jurnal Ilmiah Pelrmas: Jurnal Ilmiah STIKElS Kelndal.voll.14(2), hal.547–560. Diaksels tanggal 05 Marelt 2025 (https://jolurnal2.stikelskelndal.ac.id/indelx.php/PSKM/articlel/vielw/1772).

Dinas Kelselhatan Kolta Palelmbang. (2024). Lapolran Surveli Kelpuasan Masyarakat (SKM) Tahun 2024. Palelmbang : Dinas Kelselhatan Kolta Palelmbang. Diaksels tanggal 06 April 2024(https://pdf2.sumsellgol.id/ppiddinkels/unggah/2025/2522022Lapolran%20SKM%202024@.pdf

Fajarani, Siti. Et.all. (2020). Metodelogi Penelitian Pendekatan Multidisipliner. Gorontalo : Ideas Publishing.

Fatrida, Dedi., at al (2023). Strategi Pelayanan Keperawatan Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien. Indramayu: Penerbit Adam.

Fazilah, Nurul., at al. (2025). Analisis Kualitas Pellayanan Telrhadap Kelpuasan Pasieln Rawat Inap di Puskelsmas Gununghalu.Jurnal Ilmiah : J-HElSTElCH. voll.7 nol.2 hal.153-170.

Hanum Sirelgar, at al. (2022). Meltoldellolgi Pelnellitian Kelselhatan. Jakarta : Yayasan Pelnelrbit Muhammad Zain.

Hasifah, Helrni., at al. (2025). Analisis Kualitas Pellayanan telrhadap Kelpuasan Pasieln Rawat Inap delngan Pelndelkatan Meltoldel Selrvicel Quality di Puskelsmas Lapel. Jurnal Pelnellitian Inolvatif (JUPIN). Voll.5 nol.1 hal 321-326.

Karmadi,at al (2023). Meta-Analisis Pengaruh Empati Dalam Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, Volume 5 No 3 hal.1209-1218.

Kelmelntelrian Kelselhatan. (2023). Lapolran Tahunan Unit Pellayanan Kelselhatan Tahun 2023. Jakarta : Kelmelntelrian Kelselhatan. Diaksels tanggal 06 April 2025 (https://upk.kelmkels.gol.id/nelw/lapolran-tahunan-unit-pellayanan-kelselhatan-tahun-2023).

Kapang, at al. (2025). Strategi Optimalisasi Layanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Deepublishing.

Kurnia Permatasari, Fauziah., at al. (2022). Hubungan Aspek Kualitas Pelayanani Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Karanganyar. Jurnal JHIMI Vol.03 No.01 hal.41-46.

Lampus, Christania C.V., at al. (2024). Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Medical Scope Journal (MSJ). Volume 4 Nomor 2 hal. 150-160.

Lutfiana, Adinda., at al. (2023). Stratelgi Pusat Kelselhatan Masyarakat (Puskelsmas) Kelcamatan Cilandak dalam Melningkatkan Akrelditasi kel Tingkat Paripurna. Jurnal Administrasi Publik. voll 1. hal. 1-14.

Masdalifah, Nur., at al (2025). Analisis Pellayanan Kelselhatan telntang Kelpuasan Pasieln Pelngguna BPJS di Puskelsmas Banel Kolta Pelmatang Siantar. Jurnal Kelselhatan Surya Nusantara. Voll.13 nol.1 hal.565-574

Musa H. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien pada klinik citra utama Palembang. Jurnal ilmiah ilmu pengetahuan teknologi dan seni [Internet]. 2022;Vol.1(1): hal 9–21.

Mustolfa, Amirul., at al. (2020). Administrasi Pellayanan Kelselhatan Masyarakat. Surabaya : CV. Jakad Meldia Publising.

Mutiara, Nadia., at al. (2023). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja vol.8 no.2 hal.245-256.

Pelraturan Melntelri Kelselhatan Relpublik Indolnelsia. (2021). Pelrubahan Kelelmpat Atas Pelraturan Melntelri Kelselhatan Nolmolr 71 Tahun 2013 Telntang Pellayanan Kelselhatan Pada Jaminan Kelselhatan Nasiolnal. Jakarta : Kelmelntelrian Kelselhatan Relpublik Indolnelsia.

Pelraturan Melntelri Kelselhatan Relpublik Indolnelsia. (2022). Indikatolr Nasiolnal Mutu Pellayanan Kelselhatan Telmpat Praktik Mandiri Dolktelr dan Dolktelr Gigi, Klinik, Pusat Kelselhatan Masyarakat, Rumah Sakit, Labolratolrium Kelselhatan, dan Unit Transfusi. PMK Nol.30 Tahun 2022. Jakarta : Kelmelntelrian Kelselhatan Relpublik Indolnelsia.

Prapitasari, Ruly., at al. (2020). Kolnselp Dasar Mutu Pellayanan Kelselhatan. Jawa Barat : Pelnelrbit Adab (CV. Adanu Abimata).

Rizky TA, Mellinda. (2020). Analisis kelpuasan telrhadap pellayanan kelfarmasian prollanis di Puskelsmas Bringin. Ungaran : Skripsi Univelrsitas Ngudi Waluyol.(http://relpolsitolry2.unw.ac.id/853/4/S1_050116A057_halaman%20delpan%20-%20mellinda%20rizky.pdf).

Rosidah, at al (2024). Analisis mutu pelayanan kesehatan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Tahun 2024. Jurnal STIKES Al-Ma’arif Baturaja vol. 9 no.1 hal.135-144.

Sari M, at al. (2020). Kualitas Pelayanan Kesehatan Diliat dari Aspek Tangible dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Kesehatan pada Puskesmas Hikun Kabupaten Tabalong. Jurnal Administrasi Publik dan Administrasi Bisnis. 2020;Vol.3 no.1 hal.195–209.

Syapitri, at al. (2021). Buku Ajar Meltoldellolgi Pelnellitian Kelselhatan. Malang : Pelnelrbit Ahlimeldia Prelss.

Suhelndri., at al (2025). Analisis Faktolr Yang Melmpelngaruhi Kelpuasan Pasieln. Jurnal 'Aisyiyah Meldika. voll.10 hal. 267-281

Setyaningsih, Dewi., at al (2024). Hubungan karakteristik dengan kepuasaan pasien dalam pelayanan komplementer oleh bidan. Jurnal Media Ilmu Kesehatan Vol. 13. No. 1 hal.104-111.

Sutiswa,at al (2025). Analisis Kelpuasan Pasieln BPJS dalam Pellayanan Kelselhatan. Elnsiklolpeldia olf Jolurnal. Voll.7 nol.2 hal.271-275.

Swarjana, I Keltut. (2023). Meltoldellolgi Pelnellitian Kelselhatan Eldisi Telrbaru. Yolgyakarta : Pelnelrbit ANDI

Taufiq, Muhammad., at al (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Kepercayaan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Andi Makkasar Parepare. Journal of Muslim Community Health (JMCH) 2022. Vol. 3, No. 1. hal 83-92.

Widi Elndah Yani, at al (2021). Buku Ajar Praktelk Kelrja Lapangan Manajelmeln Pellayanan Kelselhatan (PKL MPK). Jelmbelr : UPT Pelnelrbitan Univelrsitas Jelmbelr.

Widiyantol, Rolby., at al (2024). Analisis Kelpuasan Pasieln Telrhadap Mutu Pellayanan Kelselhatan di Puskelsmas Karang Jaya Kabupateln Muaratara Tahun 2024. Jurnal NElRS. Voll.9 nol.1 hal.586-59




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i2.1445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats