ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI KLINIK KEPOLISIAN RESOR (POLRES)

Aditia Warman, Nani Sari Murni, Gema Asiani

Abstract


Latar Belakang: Kepuasan pasien tujuan peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Klinik Polres Pali sebagai pusat pelayanan kesehatan strata pertama menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan secara menyeluruh, terpadu, dan berkesinambungan perorang dan pelayanan kesehatan masyarakat. Angka penurunan jumlah kunjungan di Klinik Polres Pali menjadi indikator ketidakpuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan.Tujuan: Mengetahui kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan di Klinik Polres Pali. Metode: Penelitian studi kuantitatif pendekatan cross sectional. Populasi 386 pasien yang menerima layanan di Klinik Polres Pali selama tahun 2024. Sampel diambil menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner sebagai data primer, data sekunder dari Klinik Polres Pali untuk mendukung gambaran umum klinik. Analisis data menggunakan uji Chi-Square. Hasil: Tidak terdapat hubungan signifikan antara umur (nilai p 0.62), jenis kelamin (nilai p 0.31), tingkat pendidikan (nilai p 1.00), tangibility (nilai p 0,88), dan emphaty (nilai p) dengan kepuasan pasien. Namun, reliability (nilai p 0.01), responsiveness (nilai p 0.02), dan assurance (nilai p 0.01) memiliki hubungan signifikan dengan kepuasan pasien. Pada analisis multivariat diperoleh variabel Paling dominan pada penelitian ini adalah reliability (nilai p 0.01, OR 3.99). Saran: Manajemen klinik Polres PALI agar dapat meningkatkan keandalan dan responsivitas melalui pelatihan, penambahan SDM, dan evaluasi berbasis umpan balik sehingga pasien dapat merasa puas pelayanan diberikan secara maksimal. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Kualitas Pelayanan Kesehatan, Klinik Polres Pali

Full Text:

PDF

References


Hakim, L., at al (2022). Analisis Kepuasan Pelayanan Pasien Covid-19 Di Rumah Sakit Santo Antonio Baturaja. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana (Jksp), 5(2), 254-259.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 tentang indikator nasional mutu pelayanan kesehatan tempat praktik mandiri dokter dan dokter gigi, klinik, pusat kesehatan masyarakat, rumah sakit, laboratorium kesehatan, dan unit transfusi darah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/245550/permenkes-no-30-tahun-2022

Miguna Astuti, at al (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. Jakarta: UPN Veteran Jakarta.

Parasuraman, A., at al (2019). SERVQUAL: Service Quality.Journal of Retailing, 64(1), 12–40.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 38/MENKES/PER/XII/2022 tentang Persetujuan Tindakan Kedokteran. (2022). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pratiwi, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Rsud Massenrempulu Kab. Enrekang (Doctoral dissertation, Universitas Hasanuddin). https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/954/

Purnawan, T., at al (2024). Analisis Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Kesehatan di RSUD Lubai Ulu Kabupaten Muara Enim Tahun 2023. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana (JKSP), 7(1), 8-25.

Rismaniar, R., at al (2022). Analisis Kepuasan Pelayanan Kesehatan Terhadap Pasien di Puskesmas Sekar Jaya Kabupaten Ogan Komering Ulu. Jurnal Kesehatan Saelmakers Perdana (JKSP), 5(1), 194-201.

Dadan Ahmad, at al (2025). Pengaruh Perbedaan Gender terhadap tingkat kepuasan lansia dalam pemenuhan kebutuhan dasar dan spiritual. Jurnal Keperawatan Professional, 13(1), 165–182.

Soumokil, Y., at al. (2021). Analisis Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Piru. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 10(2), 543-551.

Suciati, G., at al. (2022). Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022. Jurnal Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama Kudus, 1 (11), 102-116

Stuart, G. W., at al (2016). Principles and practice of psychiatric nursing (10th ed.). Elsevier Health Sciences.

Syafriati, N. E., at al (2025). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap. Jurnal'Aisyiyah Medika, 10(1).

Undang-Undang Republik Indonesia. (2023) Nomor 17 Tentang Kesehatan. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2023 Nomor 101.

Yeboah, A. M., at al (2017). Service quality and customer satisfaction in healthcare delivery: Evidence from private hospitals in Lagos, Nigeria. International Journal of Economics, Commerce and Management, 5(6), 32–45.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v10i2.1449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats