FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PEMANFAATAN PELAYANAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS)

Mulyadi Mulyadi

Abstract


Latar belakang: Anak usia sekolah merupakan bagian dari anak berusia 6 sampai 18 tahun yang jumlahnya mencapai seperempat dari total penduduk Indonesia, 80% diantaranya ada di sekolah dan ini berarti mencakup lebih dari 50 juta peserta didik. Mereka adalah sasaran yang strategis untuk pelaksanaan program kesehatan, karena selain jumlahnya yang besar, mereka juga merupakan sasaran yang mudah dijangkau karena terorganisir dengan baik. Oleh karena itu, berbagai terobosan harus dilakukan untukmenggali dan memanfaatkan sumber daya secara optimal yang difokuskan pada pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang efektif. Tujuan: Diketahuinya faktor–faktor yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Metode: Jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 7 dengan total sampel berjumlah 71 responden yang diambil dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan 10 Mei s.d 10 Juni 2018 di MTs Negeri 2 Kota Palembang. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan α = 0,05. Hasil: Dari hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan (pvalue=0,001), sikap (pvalue=0,004), peran guru UKS (pvalue=0,000) dengan pemanfaatan pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), serta tidak ada hubungan sarana dan prasarana (pvalue=0,753), peran petugas kesehatan (pvalue= 1,000) dengan pemanfaatan pelayanan usaha kesehatan sekolah. Saran: Diharapkan kepada guru UKS dapat berperan aktif dalam memberikan materi tentang pendidikan kesehatan terutama tentang UKS kepada siswa agar siswa dapat memanfaatkan pelayananUKS.Kata Kunci : Pemanfaatan, pelayanan, UKS

Full Text:

PDF

References


Alimul, Aziz. 2009. Metode Penelitian Keperawatan Dan Teknik Analisis Data. Jakarta:

Salemba Medika

Arikunto, S. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta

Bina Kesehatan Anak. 2015. Pedoman Akselerasi Pembinaan dan Pelaksanaan UKS :

Jakarta.

Dinas Pendidikan Kota Palembang. 2016/2017 - 2017/2018.

Fahrurazi, H. 2012. Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku kesehatan gigi murid kelas VI Madrasah Diniyah Islamiyah Muhammadiyah Sei Kindaung Kota Banjarmasin. Banjarmasin.

Kemendikbud. 2012. Pedoman Pelaksanaan UKS di Sekolah.

Kemenkes RI. 2016. Revitalisasi UKS Tingkatkan Derajat Kesehatan Anak Bangsa.

Volume 3, Nomor 2, Februari 2019 Mulyadi

Jurnal ‘Aisyiyah Medika | 45

Lubis, Widiya Nailaufar. 2016. Faktor yang berhubungan dengan PelaksanaanUsaha Kesehatan Sekolah (UKS) di tingkatSekolah Dasar di wilayah kerja PuskesmasPamulang kota Tanggerang Selatan.

Martunus, 2013. Peran Pelaksana Usaha Kesehatan SekolahDalam KesehatanAnak SD Negeri No.026Simpang Tiga Kecamatan Loa Janan Ilir.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka Cipta. Jakarta.

__________________ , 2013. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta: Jakarta

__________________, 2012. Kesehatan Masyarakat Ilmu Dan Seni. RinekaCipta : Jakarta

___________________ 2012. Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan. Cipta Rineka ; Jakarta

Nurhayu, Maryam Alifia. 2018. Pelaksanaan TRIAS Usaha Kesehatan Sekolah pada tingkat Sekolah Dasar . Kecamatan Tembalang kota Semarang.

Rosdiana, Nina. 2015. Hubungan antara peran guru dalamprogram Usaha Kesehatan Gigi Sekolah(UKGS) dengan pengetahuan terhadaptingkat karies gigi siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri wilayah kerja puskesmasSoreang Tahun 2015.

Saiya, Stanley Hanny. 2015. Hubungan Pengetahuan dan Sikap Siswadengan Pemanfaatan Pelayanan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di SD Inpres 24. Ambon.

Santoso, Slamet Iman.2015. Survei Ketersediaan Kelengkapan Sarana dan Prasarana UKS pada Tingkat Sekolah Dasardi Wilayah Kecamatan Kutoarjo KabupatenPurworejo: Yogyakarta.

MTs Negeri 2 Kota Palembang. 2015-2018. Buku pengunjung UKS.

Siahaan, Debora; Istiarti, Tinuk; Widjanarko, Bagoes .2016. Faktor–faktor yang berhubungan denganpelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehatoleh guru UKS Sekolah Dasar di Kecamatan Banyumanik kota Semarang.

Wawan, A Dan Dewi, M. 2010. Teori Dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia.Yogyakarta : Nuha Medika.

Widayatun, T. R. 2009. Ilmu Prilaku. Jakarta: CV. Sagung Seto.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v3i2.170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats