FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KELANCARAN PRODUKSI ASI

Ayu Devita Citra Dewi

Abstract


Latar belakang: Kelancaran produksi ASI dipengaruhi oleh banyak faktor seperti, frekuensi pemberian ASI, Berat Bayi saat lahir usia kehamilan saat bayi lahir, usia ibu dan paritas, stres dan penyakit akut, IMD, keberadaan perokok, konsumsi alkohor, perawatan payudara, penggunaan alat kontrasepsi dan status gizi. Tujuan: Unutk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran produksi ASI. Metode: Desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. adapun variable devenden yang di teliti yaitu kelancaran produksi ASI dan variable indevenden yaitu Ketenangan jiwa, nutrisi, istirahat ibu, isapan bayi, penggunaan alat kontrasepsi dan perawatan payudara. Hasil: Dari hasil analisa yang diperoleh yaitu; ada hubungan antara ketenangan jiwa dengan kelancaran produksi ASI nilai  p value 0,035, ada hubungan antara nutrisi dengan kelancaran produksi ASI nilai p value 0,006, ada hubungan antara istirahat dengan kelancaran produksi ASI nilai p value 0,027, ada hubungan antara isapan bayi dengan kelancaran produksi ASI nilai p value 0,011, ada hubungan antara penggunaan kontrasepsi dengan kelancaran produksi ASI dengan nilai p value=0,004, ada hubungan antara perawatan payudara dengan kelancaran produksi ASI nilai p value=0,000. Dan diperoleh hasil multivariate atau faktor yang paling dominan mempengaruji produksi ASI yaitu nutrisi dengan hasil nilai OR = 8,142. Saran: bagi rumah bersalin diharapkan agar tenaga pelayanan kesehatan di rumuah bersalin mitra ananda tetap memberikan dukungan kepada ibu-ibu hamil maupun ibu dalam masa nifas untuk memberikan ASI secara eksklusif baik dengan cara penyuluhan maupun dengan konseling.

 

Kata kunci    : Faktor yang Mempengaruhi ASI Eksklusif.


Full Text:

PDF

References


Astuti, Sri dkk. 2015. Auhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Jakarta : Erlangga

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Ambarwati, ER. Dan Wulandari D. 2010. Asuhan Kebidanan Masa Nifas. Yogyakarta : Nuha Medika

Bahiyatun. 2009. Asuhan kebidanan nifas normal. Jakarta : EGC

Dinas Kesehatan Provinsi Kesehatan. Laporan Tahunan. 2014. Profil Kesehatan.

Departemen Kesehatan RI, 2013. Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Bagi Bangsa Indonesia. Jakarta

Fikawati, S. dan Syafiq, A. (2013).Hubungan antara intermediete breastfeeding dan ASI eksklusif 4 bulan, Jurnal Kedokteran Trisakti (online) diakses 03 Januari 2014.

Hegar,B., 2010, Nilai Menyusui. Jakarta : IDAI

Imasrani, Irma Yustina dkk.2016. Kaitan Pola Makan seimbang dengan Produksi ASI ibu Menyusui. Jurnal care Vo. 4 No.3 Tahun 2016.

Kamariyah, Nurul. 2014. Kondisi Psikologi mempengaruhi ASI ibu Menyusui di BPS Aski Pakis Sindo Kumpul Surabaya. Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol.7 No.12 pebruari 2014.

Manuaba Ida Bagus Gde, dkk. 2010. Ilmu kebidanan, penyakit kandungan dan keluarga berencana untuk pendidikan bidan. Jakarta : EGC

Novianti, R. 2009. Menyusui itu indah. Yogyakarta : Octopus

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Prasetyono DS.,2009. Buku pintar ASI eksklusif . Yogyakarta : DIVA Press

Profil Kesehatan Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, 2015

Roesli, U. 2009. Mengenal ASI eksklusif. Jakarta : Trubus Agriwidy

Riksani, Ria. 2012. Keajaiban ASI (Air Susu Ibu). Jakarta : Dunia Sehat

Rukiyah, Ai Yeyeh dkk. 2018. Asuhan Kebidanan pada Ibu Masa Nifas. Jakarta : CV. Trans Info Media

Safitri, Indah. 2016. Faktor-faktor yang mempengaruhi kelancaran produksi ASI pada ibu menyusui di desa bendan, kecamatan banyudono, kabupaten boyolali. http://eprints.ums.ac.id/47378/20/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf diakses pada Desember 2018.

Roesli U. 2012. Inisiasi menyusu dini plus asi eksklusif. Jakarta : Pustaka Bunda

Soetjiningsih, 2010, Breastfeeding Family. Jakarta: IDAI.

Sholichah, Nur. 2011. Hubungan Perawatan Payudara pada Ibu Postpartum dengan Kelancaran Pengeluara ASI di Desa Karang Duren Kecamatan Tengaran Kabupaten Semarang. Semarang ; e-journal.akbid purworejo.ac.id/index.php/jkk3/article/view/52/50. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2018.

SherwoodL.,2010, Human Physiology From Cells to Systems. Cangeage Learning : Boston.




DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v4i1.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

  

 

real time web analytics View My Stats