HUBUNGAN PELAYANAN INFORMASI OBAT TERHADAP KEPUASAN PASIEN
Abstract
Latar Belakang: Standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas berdasarkan permenkes meliputi standar pengelolaan sediaan farmasi, alat Kesehatan, dan bahan medis habis pakai, serta standar pelayanan farmasi klinik. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan informasi obat dan kepuasan pasien di Puskesmas Sandar Angin Kota Pagaralam tahun 2021. Metode: Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode survey analitik dengan pendekatan cross sectional populasi penelitian seluruh pasien yang datang berobat di Puskesmas Sandar Angin Kota Pagaralam pada bulan Maret-April 2021 pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling sehingga diperoleh 100 responden analis data menggunakan uji statistik chi-square. Hasil: Berdasarkan analisis univariat distribusi frekuensi jenis kelamin lebih dominan laki-laki sebanyak 59%, usia dewasa lebih dominan yaitu 36%, pendidikan yang paling dominan yaitu menengah 59%, pada gambar pelayanan informasi obat yaitu yang memiliki kategori baik 56% sedangkan tidak baik 44% kemudian pada gambaran kepuasan responden yang memiliki kategori puas 47% sedangkan yang tidak puas 53%. Data yang didapat ada hubungan antara pelayanan informasi obat dengan kepuasan pasien (p value 0,000). Saran: Untuk tenaga kefarmasian diharapkan lebih meningkatkan dalam pelayanan informasi obat kepada masyarakat dengan melakukan pelayanan dan konseling.
Kata Kunci: Pelayanan Informasi Obat, Kepuasan Pasien, Puskesmas
Full Text:
PDFReferences
Departemen Kesehatan RI. (2013). Kebijakan Pemerintah Terhadap Program KIA. Jakarta
Djamal HD., dkk. (2020). Hubungan Pemberian Informasi Obat dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kalibalangan Kecamatan Abung Selatan Kabupaten Lampung Utara. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(1)
Fitriana, Wati., dkk. (2012). Hubungan Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepuasan Konsumen di Perusda Aneka Usaha Unit Apotek Sidowayah Farma Klaten. CERETA Journal of Pharmacy Science.
Kementrian Kesehatan RI (Kemenkes RI). 2016. Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta
Kotler, Phiplip. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 11. Jakarta: PT Indek Kelompok Gramedia
Oscar L. & Jauhar M. 2016. Dasar-Dasar Manajemen Farmasi. Jakarta: Prestasi Pustaka
DOI: https://doi.org/10.36729/jam.v7i2.859
Refbacks
- There are currently no refbacks.