PENGARUH PEMBERIAN PENDIDIKAN KESEHATAN PRA KATETERISASI JANTUNG TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN PASIEN

Fatimah Hafliah, Ani Syafriati

Abstract


Latar belakang: Angka kematian yang disebabkan oleh Penyakit Jantung Koroner (PJK) di Indonesia cukup tinggi mencapai 1,25 juta jiwa dengan populasi penduduk Indonesia mencapai 250 juta jiwa (Kemenkes, 2020). Hasil riset Kesehatan Dasar Tahun 2019 menunjukkan bahwa sebesar 1,5% atau 15 dari 1.000 penduduk Indonesia menderita penyakit jantung koroner.  Penyakit jantung koroner dapat dideteksi dengan pemeriksaan diagnostik non invasif ataupun pemeriksaan invasif. Pemeriksaan secara invasif yang dilakukan adalah kateterisasi jantung.. Kurangnya pengetahuan serta rendahnya pendidikan kesehatan tentang kateterisasi jantung mengakibatkan pelaksanaan kateterisasi jantung menjadi tertunda. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pemberian pendidikan kesehatan pra-kateterisasi terhadap peningkatan pengetahuan pasien. Metode: Metode penelitian ini menggunakan desain pra-experimental dengan pendekatan (One Group Pre-Post Test Design). Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien dengan rencana pra kateterisasi Jantung di Poliklinik RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 32 responden. Teknik pengambilan sampel adalah accidental sampling. Analisa data dengan analisis univariat, uji normalitas data dan uji non parametic test yaitu uji wilcoxon. Hasil:  Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan pra-kateterisasi jantung terhadap peningkatan pengetahuan pasien di poliklinik RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan (p value 0,000 < α 0,05). Saran: rekomendasi dari penelitian ini, diharapkan kepada rumah sakit untuk meningkatkan edukasi kepada pasien dan keluarga khususnya dengan rencana kateterisasi jantung.

 

Kata kunci: Kateterisasi Jantung, Pendidikan Kesehatan


Full Text:

PDF

References


Ayu, A. Winda., dan Muflihatin S. Khoiroh. (2020). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan dengan Kecemasan Pasien yang akan Menjalani Kateterisasi Jantung di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Borneo Student Research eISSN: 2721-5725, Vol 2, No 1

Carroll, D. L., Malecki-Ketchell, A., & Astin, F. (2017). Non-pharmacological interventions to reduce psychological distress in patients undergoing diagnostic cardiac catheterization: a rapid review. European Journal of Cardiovascular Nursing, 16(2), 92-103.

Diyono. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Pra Bedah Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pra Bedah di RS Dr. Oen Surakarta. Surakarta : Kosala.

Elsay, O. E. A., Abassuni Elshemy, M., & Elsays, H. (2016). Effect of a Multi-Modal Preparation Package on knowledge and anxiety among Patients Undergoing cardiac Catheterization. International Journal of Nursing Didactics, 6(01), 01-12.

Fadli, Irmaanti Toalib, K. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Ringkat Kecemasan Pasien Pre Operasi Mayor.

Haryani, S., & Dahliyanti, N. D. (2018). Efektifitas Support Family System Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Kateterisasi Jantung Di SMC RS Telogorejo.

Hidayat, A., & Pristiana Dewi, A. (2015). Persepsi Penyakit Jantung Koroner Yang Akan Dilakukan Tindakan Kateterisasi Jantung.

Listiana, Devi. (2019). Faktor-faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pre Kateterisasi Jantung Pasien SKA. Bengkulu : CHK Nursing Scientific Journal

Masriani, Lily., Handian, F. Ira., dan Kristiana, Agnis. 2020. Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Pra Kateterisasi Jantung Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Di Instalasi Pelayanan Jantung. Jurnal Ilmiah Media Husada Vol.9.

Risca, Felicia. (2018). Pengaruh Hipnotis Five Fingers Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pre Kateterisasi Jantung di SMC RS Telogorejo Semarang. Semarang : STIKES Telogorejo Semarang.

Rosfiati, E., & Nurachmah, E. (2015). Pengaruh Pijat Punggung Terhadap Tingkat Kecemasan Dan Kenyamanan Pasien Angina Pektoris Stabil Sebelum Tindakan Angiografi Koroner, 18(2), 102–113

Rokhaeni, H., Purnamasari, E., Rahayoe A. (2013). BukuAjar Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta: Bidang Pendidikan dan Pelatihan Pusat Kesehatan Jantung Pembuluh Darah Nasional Harapan Kita.

Widiyanto, Pradana, Peristiowati. 2020. Efektifitas Pendidikan Kesehatan Dengan Model Word Square.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v15i1.1062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats