HUBUNGAN PARITAS, UMUR, PENDIDIKAN DENGAN RENDAHNYA PEMAKAIAN METODE KONTRASEPSI JANGKA PANJANG

Nyoman Sutriyani, Siti Aisyiyah, Wahyu Ernawati

Abstract


Latar Belakang: Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) merupakan kontrasepsi yang sangat efektif dan efisien untuk tujuan menjarangkan kelahiran atau mengakhiri kehamilan pada pasangan usia subur yang sudah tidak ingin mempunyai anak lagi. Tujuan: Diketahuinya hubungan antara paritas, umur, dan pendidikan secara simultan dengan rendahnya penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP) di Puskesmas Totorejo Kabupaten OKU Timur Tahun 2022. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Populasi penelitian 98 responden. Sampel penelitian menggunakan total sampling dengan Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Totorejo pada bulan Mei-Juni Tahun 2022. Hasil: Ibu yang menggunakan MKJP yaitu 25 (27,4%) responden lebih sedikit dari ibu yang tidak menggunakan MKJP berjumlah 73 (72.6%) responden. Hasil analisa bivariat didapatkan bahwa ada hubungan bermakna antara paritas dimana nilai (P- Value = 0,0025), ada hubungan bermakna antara umur dimana nilai (P-Value = 0,003), ada hubungan bermakna antara pendidikan dimana (P-Value = 0,006) dengan rendahnya penggunaan MKJP. Saran: Diharapkan setelah diberikan edukasi dan sosialisasi, ibu hamil dapat menggunakan MKJP.

 

Kata Kunci : Kontrasepsi, MKJP, Paritas, Umur, Pendidikan


Full Text:

PDF

References


Affandi, B. (2014). Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta: YBP- SP.

Ariandini, S., & dkk. (2023). Hubungan Antara Pengetahuan dengan Rendahnya Minat Ibu Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang. Formil.

Atika, N., Syahda, S., & Dhinianggrainidhilon. (2022). Hubungan pengetahuan dan pendapatan keluarga dengan penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP)

BKKBN. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan MKJP di Enam Wilayah Indonesia. Jakarta: BKKBN

BPS. (2022, 11 22). Statistik Kesejahteraan Rakyat Indonesia. https://www.bps.go.id/publication/2022/11/22/1dfd4ad6cb598cd11b500f7/ statistik-kesejahteraan-rakyat-RI-2022.html.

Ernawati, S. (2018). Faktor yang Memengaruhi Keluarga Berencana (KB) Pria dengan Paritisipasi Pria dalam Keluarga Berencana di Wilayah Kerja Puskesmas. Ners dan Kebidanan Indonesia.

Gusman, A. P., Notoatmodjo, S., & Aprilia, Y. T. (2021). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Terhadap Pemilihan Alat Kontrasepsi Jangka Panjang pada Wanita Usia Subur (WUS) di Wilayah Kerja Polindes Kefa Utara Kab. TTU Prov. NTT Tahun 2021. JUKMAS.

Haryati. (2020). Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di UPTD Puskesmas Lompoe Kota Parepare Tahun 2020. Puskesmas Lompoe.

Jasa, N. E., Listiana, A., & Risneni, R. (2021). Paritas, Pekerjaan dan Pendidikan Berhubungan dengan Pemilihan Alat Kontrasepsi MKJP pada Akseptor KB. Jurnal Kebidanan Malaharyati (JKM).

Karlina, K. K., Rukmaini, & Choirunnisa, R. (2020). Analisis penggunaan metode kontrasepsi jangka panjang di desa pasir muncang. Asian Research Midwifery and Basic Science Journal.

Kemenkes RI. (2021). Data dan Informasi Kesehatan Profil Kesehatan Indonesia .DEPKES.

Kurniasari, L. (2020). Pengetahuan dan Jumlah Anak dengan Penggunaan Kontrasepsi Jangka Panjang. Higeia.

Mariyana, W., Sari, R. I., & Deviana, S. (2023). Hubungan Tingkat Pendidikan, Pekerjaan dan Dukungan Keluarga Terhadap Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang pada Wanita Usia Subur di Klinik BPJS Irma Solikin Mranggen Demak. Inovasi Riset Ilmu Kesehatan.

Marmi. (2018). Buku Ajar Pelayanan KB. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meidatuzzahra, D. (2019). Penerapan accidental sampling untuk mengetahui prevalensi akseptor kontrasepsi suntikan terhadap siklus menstruasi. Unizar.

Pratiwi, P. U., & Pangestuti, D. (2021). Determinan Pemanfaatan Penggunaan KB MKJP di Puskesmas Kota Matsum Kecamatan Medan Area Tahun 2020. Jurnal Kedokteran Ibnu Nafis.

Rosidah, L. K. (2020). Pengaruh Tingkat Pendidikan dan Usia Terhadap Penggunaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Tahun 2018. Jurnal Kebidanan.

Rotinsulu, F. G., Wagey, F. W., & Tendean, H. M. (2019). Gambaran Penggunaan Alat Kontrasepsi pada Wanita di Indonesia. Unsrat.

Sari, R. M., Andriani, L., & Keraman, B. (2019). Hubungan Tingkat Pendidikan dan Pengetahuan dengan Keikutsertaan Penguunaan Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Wilayah Kerja Puskesmas Jembatan Kecil. Jurnal Sains.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penggunaaan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang Wanita Usia Subur. Jambura J Health Sci Res.

Triyanto, L., & Indriani, D. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Jenis Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) pada Wanita Menikah Usia Subur di Provinsi Jawa Timur. The Indonesian Journal of Public Health.

Weni, L., Yuwono, M., & Idris, H. (2019). Determina Pemilihan Metode Kontrasepsi Jangka Panjang pada AKseptor KB Aktif di Puskesmas Pedamaran. Journal of Public Health and Coastal Health.

Widianingrum. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pemilihan metode kontrasepsi jangka panjang (mkjp) pada pasangan usia subur. Asian Research Midwifery and Basic Science.

Wijayanti, A., Febrianti, Y., & Estiningsih, D. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Jenis Kontrasepsi pada Wanita Usia Subur di Kecamatan Semanu Kabupaten GunungKidul. Media Farm.

Yuliarti, E., Komalasari, K., Fitriana, F., & Veronica, S. Y. (2020). Sikap dan Dukungan Suami dengan Pemakaian Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) Akseptor KB Baru. Wellness and Healthy Magazine.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v15i2.1134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats