ANALISIS KUALITAS HUBUNGAN PELAYANAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS

Yulis Marini, Dianita Ekawati, Lilis Suryani

Abstract


Latar Belakang: Kepuasan pasien merupakan indikator pertama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan suatu ukuran mutu pelayanan. Apabila harapan pasien terpenuhi oleh kualitas pelayanan kesehatan yang bermutu, maka akan timbul tingkat kualitas pelayanan yang tinggi. Sebaliknya jika pasien tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, pasien akan mencari pelayanan lain walaupun pelayanan tersebut tersedia, mudah di dapat dan mudah dijangkau pasien. Tujuan: Diketahuinya tingkat kepuasan pelayanan kesehatan gigi dan mulut peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut (RSKGM)  Provinsi Sumatera Selatan. Metode: Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien BPJS Kesehatan yang berobat di Instalasi rawat jalan RSK Gigi dan Mulut Provinsi Sumatera Selatan. Teknik pengambilan sampel accidental sampling dan didapatkan sebanyak 100 responden.  Hasil: Penelitian ini didapatkan hasil bahwa terdapat hubungan kepuasan pasien dengan Penampilan Fisik (tangibles) p value = 0.001, kehandalan (reliability) p value = 0.006, ketanggapan (responsiviness) p value = 0.009, jaminan (assurance) p value = 0.009), perhatian (empathy) (p value = 0.001). Saran: Upaya peningkatan mutu dalam memberikan pelayanan  Kesehatan Gigi dan Mulut merupakan faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien dengan meningkatkan evalusi secara berkesinambungan dan terus menerus guna tercapainya standar pelayanan secara maksimal.

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut


Full Text:

PDF

References


Anggia P, Yandi S, Mahata Ib, Anggraini E. Kepuasan Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (Bpjs Kesehatan) Terhadap Kualitas Dua Fasilitas Pelayanan Kesehatan Gigi Satisfaction Of Healthcare And Social Security Agency Patients On The Quality Of Two Dental Health Services.

Anggriani Sw. Kualitas Pelayanan Bagi Peserta Bpjs Kesehatan Dan Non Bpjs Kesehatan. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. 2016 Aug 27;5(2).

Aulia R, Adhani R, Taufiqurrahman I, Hatta I. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Terhadap Kepuasan Pasien Bpjs Di Layanan Primer Banjarmasin. Dentino: Jurnal Kedokteran Gigi. 2017;2(1):95-100.

Breemer J. The Quality Of Services Held The Social Security Guarantee Agency (Bpjs) Ketenagakerjaan Kendari Branch. Journal Of Management And Economics. 2018 Jan 7;2(3).

Dewanto I, Lestari Ni. Panduan Pelaksanaan Pelayanan Kedokteran Gigi Dalam Sistem Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia. 2014.

Fristiohady A, Pemudi Yd, Ihsan S, Ruslin R, Bafadal M, Nurwati N, Ruslan R. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Puuwatu Kota Kendari Menggunakan Metode Servqual. Jurnal Surya Medika (Jsm). 2020 Aug 28;6(1):6-12.

Harfika J, Abdullah N. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit Umum Kabupaten Aceh Barat Daya. Balance: Economic, Business, Management And Accounting Journal. 2017 Jan 25;14(01).

Hermansyah H, Darmana A. Analisis Faktor Yang Memengaruhi Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Metode Servqual Di Puskesmas Wilayah Kerja Dinas Kesehatan Aceh Timur Tahun 2018. Health Care: Jurnal Kesehatan. 2019 Jun 30;8(1):58-69.

Irawan B, Sitanggang Ed, Achmady S. Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Servqual. Cess (Journal Of Computer Engineering, System And Science). 2021;6(1):10-9.

Mardiyanto D. Analysis Of Community Perception Of Public Service Quality In Office Social Insurance Administration Organization Of Health (Bpjs Health) Surakarta City. International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar). 2018 Dec 30;2(04).

Mariyam S. Sistem Jaminan Sosial Nasional Melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Bpjs) Kesehatan (Perspektif Hukum Asuransi). Serat Acitya. 2018 Nov 8;7(2):36.

Patient Satisfaction Understanding And Managing The Experience Of Care, Second Edition (Management Series (Ann Arbor, Mich.).2006.

Pertiwi C. Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Pengguna Bpjs Kesehatan. Journal Transformation Of Mandalika (Jtm) E-Issn 2745-5882 P-Issn 2962-2956. 2022 Jun 14;2(1):72-7.

Putri Pa, Handoko Sa, Nopiyani Nm, Utami Nw, Pertiwi Nk. Tingkat Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional Terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Poliklinik Gigi Dan Mulut Rsud Badung Mangusada. Bali Dental Journal. 2019 Dec 30;3(2):103-13.

Ramli R. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Kesehatan Dipuskesmas Teppo Kabupaten Pinrang. Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Alam Dan Kesehatan. 2018 Dec 9;2(2):69-77.

Sembiring, elisabeth; sinaga, ria veronika. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di rumah sakit umum bina kasih medan. Jurnal manajemen dan bisnis, 2022, 183-204.

Sinollah, sinollah; masruroh, masruroh. Pengukuran kualitas pelayanan (servqual–parasuraman) dalam membentuk kepuasan pelanggan sehingga tercipta loyalitas pelanggan. Dialektika, 2019, 4.1: 45-64.

Sofyana Cr, Harahap J, Zein U. Analisis Kualitatif Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi Di Poli Klinik Gigi Dan Mulut Di Rsud Tgk Chik Ditiro Sigli. Journal Of Healthcare Technology And Medicine. 2020;6(2):1221-35.

Vigaretha, Ginka; Handayani, Oktia Woro Kasmini. Peran Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Mediasi Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien. 2018, 2.4: 543-552.

Wahyuningsih, Christine Diah; Endrawanti, Susilo. Analisis Kinerja Petugas Farmasi Pelayanan Obat Pasien Rawat Jalan Di Rsud Dr. R. Soedjati Soemodiardjo Purwodadi-Grobogan. Serat Acitya, 2018, 6.1: 53.

Wijaya, Trisnadi; Fajriana, Icha. Tingkat Kepuasan Peserta Jkn-Kis Bpjs Kesehatan Di Kota Palembang. Eksis: Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 2018, 13.2: 81-92.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v15i2.1138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats