ANALISIS KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN DI INSTALASI RADIOLOGI

Muhtadi Muhtadi, Chairil Zaman, Arie Wahyudi

Abstract


Latar Belakang: Pelayanan kesehatan merupakan sebuah upaya yang diselenggarakan sendiri atau secara bersama-sama dalam suatu organisasi yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesejahteraan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga. Tujuan: Mengetahui gambaran kepuasan pelayanan pasien di Instalasi Radiologi RSUD Palembang BARI. Metode: Penelitian yang dilakukan adalah metode survei analitik dengan rancangan/pendekatan cross sectional studi yaitu pengumpulan data variabel independen maupun variabel akibat variabel dependen. Penelitian dilaksanakan  bulan Maret sampai Juni  tahun 2024 di Instalasi Radiologi RSUD Palembang BARI, jumlah responden 99 Orang. Hasil: Uji statitik didapatkan nilai tidak ada hubungan umur dengan kepuasan pasien dengan nilai P=Value = 0,459, tidak ada hubungan jenis kelamin P Value = 1.000,  dan pendidikan P=Value = 0,459 dengan kepuasan pasien, ada hubungan Reability (P= 0,032), Responsivenes (P= 0,014) , Ansurance (P= 0,016) , Empathy (P Value= 0,032) , Tangible P Value= 0,005, dengan kepuasan pasien. Saran: Agar para pegawai radiologi dapat mengevaluasi kekurangan dan terus meningkatkan kualitas dalam kepuasan masyarakat.

 

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Pelayanan, Radiologi


Full Text:

PDF

References


Akbar, F., Manurung, K., Ketaren, O., & Tarigan, F. L. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Tk Ii Putri Hijau Medan Tahun 2021. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 621–632. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3554

Alfaraini, Q., Qadriah, L., & Setiawati, C. L. (2023). Sistem Pendukung Keputusan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Umum Tgk. Chik Di Tiro Kabupaten Pidie Menggunakan Metode Service Quality Berbasis Web. Jurnal Real Riset, 5(3), 464–475. https://doi.org/10.47647/jrr.v5i3.1542

Amelia. (2021). Efektifitas komunikasi radiografer terhadap tingkat kepuasan pada pasien pemeriksaan kontras konvensional di instalasi radiologi rsud arifin achmad provinsi riau. Karya tulis ilmiah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Awal Bros. Pekanbaru

Amin, A. R. S., & Adil, M. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Distrik Hingk Kabupaten Pegunungan Arfak Provinsi Papua Barat. Jurnal Competitiveness, 7, 65–77. https://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma

Angella, S., Mirza, D., Juwita, B., & Susmita, R. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Radiologi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rsud Kabupaten Kepulauan Meranti. Journal of STIKes Awal Bros Pekanbaru, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.54973/jsabp.v2i1.48

Anindita, S. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Efektif Perawat dengan Kepuasan Pasien di RSUD Dr. Adnaan WD Payakumbuh. UNIVERSITAS ANDALAS

Arifah, 2021. pengaruh dimensi mutu pelayanan radiologi pada pemeriksaan foto thorax terhadap kepuasan pasien di RSUD Wonosari. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun (2021). Lembaga Penelitian, Pengembangan, dan

Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M). Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.

Aryati, K. E., & Hariyanto, T. (2020). Analisis mutu pelayanan radiologi terhadap kepuasan pasien rawat jalan di instalasi radiologi rumah sakit x. Health Care Media, 55–58.

Arikunto S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, A. (2019). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan Aplikasi Prinsip Lingkaran Pemecahan Masalah . Jakarta : Pustaka Sinar Harapan.

Bushong, S. C. (2017). Radiologic Science for Technologist

Bungin. (2017), Metodologi Penelitian Kuantitatif Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik serta ilmu-ilmu sosial lainya. Jakata : PT. Pajar Interpratama Mandiri

Bustami. (2018). Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta : Erlangga.

Efendi, (2017). Hubungan Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi Rsud Tengku Rafi’an Siak Sri Indrapura. Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 4 No. 1, April 2017

Elvina. (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Putri Hijau. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol 17 Nomor 1.

Hasmawati, H., Kamariah, N., & Syukur, A. T. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Instalasi Radiologi Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Administrasi Negara, 24(3), 161–176. https://doi.org/10.33509/jan.v24i3.415

Herlambang S. (2018). Manajemen Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit. Yogyakarta: Gosyen.

Herudiansyah, G., Fitantina, F., & Suandini, M. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Reliability, Responsiveness dan Assurance Terhadap Kepuasan Pasien Rumah Sakit Muhammadiyah. Motivasi, 8(1), 9. https://doi.org/10.32502/mti.v8i1.5663

Jannah, dkk. (2017). Komunikasi Efektif Berperan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi. Jurnal LINK, 13 (2), 2017, 28 – 33. http://ejournal.poltekkes-smg.ac.id/ojs/index.php/link

Kementrian PPN. (2020). Rencana Strategis KPPN/Bappenas 2020-2024. Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, 1–161.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Pedoman Penyelenggaraan Rumah SakitMampu PONED. Jakarta : Menkes RI

Lampignano, J. . dan, & Kendrick, L. . (2018). Perpustakaan pribadi an-nur. In Bontrager’s

Textbook of Radiographic Positioning and Related Anatomy (2018th ed.). Elsevier.

Long, B. W., Smith, B. J., & Rollin, J. H. (2016). Radiography Positiong & Prosedur.

Mareta, P. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Instalasi Radiologi RSUD M. Zein Painan. 7(2), 463–467. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=a9ZrCfsAAAAJ&citation_for_view=a9ZrCfsAAAAJ:d1gkVwhDpl0C.

Putri, dkk. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Radiologi Diagnostik Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia (JIKMI). ISSN: -Vol. 1, Nomor 2, Oktober 2020

Priyono. (2017), Metode Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Zafatama Publishing

Rahmawati, H. (2017). Kepaniteraan di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Hantari. Muhammadiyah Public Health Journal. https://doi.org/10.4135/9781412963855.n1027.

Swastika, dkk. (2021). Kajian Literatur Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Informasi dan Administrasi Kesehatan (JMIAK). ISSN: 2621-6612 | Email: jmiakmedrec@gmail.com. Volume 4 Nomor 01 Juni 2021 Halaman 1-15

Tjiptono, Fandy (2018). Service Management. Yogyakarta : Andi.

Yordan& novasyra. (2021). Determinan Kepuasan Pasien Rawat Inap Penyakit Dalam Peserta Jkn Penerima Bantuan Iur di Rsud Cut Meutia Lhokseumawe. Volume 20 No. 2. Ibnu Sina: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan-Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sumatera Utara. ISSN 1411-9986 (Print) | ISSN 2614-2996 (Online). Online: https://ojsfkuisu.com/index.php/ibnusina.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v16i2.1287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats