EVALUASI WAKTU TUNGGU PELAYANAN FARMASI PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) RAWAT JALAN

Eka Fitriani, Yudi Arina, Mayang Tari

Abstract


Latar Belakang: Lamanya waktu tunggu dalam pelayanan berpotensi menyebabkan ketidakpuasan pasien serta menurunnya mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Pelayanan farmasi tentunya harus dapat memberikan pelayanan yang bermutu sesuai dengan standar kefarmasian yang berlaku. Tujuan: Penelitian ini dimaksudkan untuk mengevaluasi waktu tunggu pelayanan resep serta mengetahui rerata waktu tunggu resep racikan dan non racikan. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif analitik. Populasi yang digunakan pada penelitian ini yaitu seluruh resep racikan dan resep non racikan pasien BPJS rawat jalan. Sampel dalam penelitian ini yaitu resep pasien BPJS rawat jalan yang telah memenuhi kriteria inklusi. Hasil: Diperoleh hasil penelitian dengan jumlah sampel sebanyak 99 resep yang terdiri dari 7 resep racikan (7,07%) dan 92 resep non racikan (92,93%). Perhitungan rata-rata waktu tunggu resep racikan 26,9 menit dan resep non racikan 21 menit. Kesimpulan: Waktu tunggu pelayanan resep obat racikan maupun non racikan telah memenuhi Standar Pelayanan Minimal di rumah sakit.

 

Kata Kunci: Waktu Tunggu, Resep Racikan, Resep Non Racikan, BPJS Rawat Jalan


Full Text:

PDF

References


Alodan, A., Alalshaikh, G., Alqasabi, H., Alomran, S., Abdelhadi, A., & Alkhayyal, B. (2020). Studying the Efficiency of Waiting Time in Outpatient Pharmacy. MethodsX, 7. https://doi.org/10.1016/j.mex.2020.100913

Alrasheedi, K. F., AL-Mohaithef, M., Edrees, H. H., & Chandramohan, S. (2019). The Association Between Wait Times and Patient Satisfaction: Findings From Primary Health Centers in the Kingdom of Saudi Arabia. Health Services Research and Managerial Epidemiology, 6, 233339281986124. https://doi.org/10.1177/2333392819861246

Arini, H. D., Agustina. N., & Suwastini, A. (2020). Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Farmasi RS X. Lombok Journal of Science (LJS), 2(2), 40–46.

Departemen Kesehatan. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Tentang Klasifikasi Dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2016. Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014. Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Departemen Kesehatan. (2008) Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 129 Tahun 2008. Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Elsa, R., Ari, N., & Okta, A. (2021). Evaluasi Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi: Waktu Tunggu Dan Kendala. Jurnal Vokasi Indonesia.

Fahrurazi, F. E., Ibrahim, N. H., Mafauzy, N. M., Ismail, W. N. A. W., & Rusli, S. S. M. (2022). Factors affecting waiting time in Outpatient Pharmacy at Hospital Raja Perempuan Zainab II (HRPZ II). Journal of Pharmacy.

Hassali, M. A., Alrasheedy, A. A., Ab Razak, B. A., Al-Tamimi, S. K., Saleem, F., Ul Haq, N., & Aljadhey,

H. (2014). Assessment of general public satisfaction with public healthcare services in Kedah, Malaysia. The Australasian Medical Journal, 7(1), 35–44.

Hidayah, H., Amal, S., & Hana Herdiani, N. (2021). Evaluasi Standar Pelayanan Minimal Kategori Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Rumah Sakit ’X’ Karawang. Majalah Farmasetika, 6(Suppl 1), 42.

Maftuhah, A., & Susilo, R. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Depo Farmasi RSUD Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016 Waiting Time Services Outpatient Prescription Ina Depot Pharmacy RSUD Gunung Jati Cirebon in 2016.

Puspitasari, A. 2011. Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum di Depo Farmasi Rawat Jalan RS. Karya Bhakti Tahun 2011 [tesis]. Universitas Indonesia, Depok.

Rifa’i Abubakar. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Suka-Press.

Shulihah. (2024). Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Depo Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kota Bogor. Jurnal Kesehatan Masyarakat. 2024.

Wulandari, P., Listiawaty, R., & Hafiz, A. (2020). Hubungan Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas X Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 3(2), 265–269.




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v16i2.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats