DUKUNGAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT PADA PENDERITA TB PARU

Sunarmi Sunarmi, Septi Viantri Kurdaningsih, Aisa Putri Rizi

Abstract


Latar Belakang: Tuberculosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium Tuberculosis. Kepatuhan minum obat pada penderita TB  dipengaruhi oleh berbagai faktor antara lain faktor penderita individu maupun faktor dukungan baik secara sosial, keluarga maupun dari  petugas kesehatan. Dukungan keluarga merupakan faktor penting dalam kepatuhan pengobatan TB . Kepatuhan yang buruk atau terapi yang tidak lengkap adalah faktor yang berperan terhadap resisten individu, kepatuhan pasien sangat diperlukan untuk mencapai keberhasilan terapi pada pasien yang mengikuti ketentuan-ketentuan kesehatan profesional. Tujuan:  untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita TB Paru di Rumah Sakit Khusus Paru Provinsi Sumatera Selatan. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional, sampel penelitian ini adalah pasien TB  yang menjalani rawat jalan di poliklinik Rumah Sakit Khusus Paru Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 30 responden. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Januari 2019. Uji statistik yang digunakan adalah uji chi square.. Hasil: Berdasarkan hasil analisis bivariat dengan menggunakan uji statistik chi square diperoleh nilai p = 0,007 > ɑ (0,05)  maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan kepatuhan minum obat pada penderita TB Paru di Rumah Sakit Khusus Paru Provinsi Sumatera Selatan. Saran: Diharapakan keluarga dapat memberikan dukungan kepada penderita TB agar tidak terjadi putus obat selama masa pengobatan.

 

Kata Kunci         : Dukungan Keluarga, Kepatuhan Minum Obat


Full Text:

PDF

References


Bauldoff, G., Burke, K. M., & LeMone, P. (2016). Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah. Jakarta: EGC

Departemen Kesehatan. (2015). Pusat Data dan Informasi Kementrian RI. [online]. (http://www.depkes.go.id/downloads/doen2015/puskesmas.pdf)

Dinkes Kota Palembang. (2018). Profil Kesehatan Kota Palembang Tahun 2018

Dinkes Sumsel. (2017). Profil Kesehatan Sumatera Selatan Tahun 2017

Fitriani, N. E., Sinaga, T., & Syahran, A. (2019). Hubungan Antara Pengetahuan, Motivasi Pasien dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat Anti Tuberkulosis (OAT) Pada Penderita Penyakit TB Paru BTA (+) di Puskesmas Pasundan Kota Samarinda. KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 124-134.

Hariadi, E., Aryani, F., & Buston, E. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kualitas Hidup Penderita Tbc Di Kecamatan Selebar Kota Bengkulu Tahun 2018. Journal of Nursing and Public Health, 7(1), 46-51.

Karuniawati, H., Wahyuni, A.S., & Mirawati, H. (2015). Pengetahuan dan Perilaku Pasien Tuberkulosis Terhadap Penyakit dan Pengobatannya. In Prosiding Seminar Nasional & Internasional

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan RI Tahun 2017.

Mando, N. J., Widodo, D., & Sutriningsih, A. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Pasien TB di Puskesmas Janti Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(3).

Nalendra, Y. R. (2018). TBC Di Indonesia Tertinggi Ketiga Setelah India dan China. (https://Health.Detik.Com/Berita-Detikhealth/d-4312669/Tbc-Di-Indonesia-Tertinggi-Ketiga-Setelah-India-Dan-China)

Sara, Suprayitno. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien TB Paru. Jurnal. (http://digilib.unisayogya.ac.id/3968/1/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf.)

Sunda, E., & Asyanti, S. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dan Efikasi Diri Dengan Kepatuhan Pengobatan Pada Pasien Tuberculosis Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta)




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v12i2.505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats