GAMBARAN PERSONAL HYGIENE PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
LatarBelakang: World Health Organization (WHO) 2015 adalah suatu keadaan yang sempurna baik fisik, mental dan sosial tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Sehat menurut Paune (2013) adalah fungsi efektif dari sumber-sumber perawatan diri secara adekuat.(WHO 2015). Tujuan: penelitian ini diketahui distribusi frekuensi gambaran personal hygiene pada siswaSD di SD Negeri 91 Palembang. Metode: desain penelitian ini menggunakan Survey Deskriftif dan pendekatanCross Sectional yang memberikan gambaran terhadap objek yang diteliti, sampel yang diambil dengan cara Random Sampling yaitu secara random atau acak dijadikan sampel penelitian sebanyak 64 sampel. Hasil: Dari penelitian didapatkan bahwakebersihan kulit baik 96,7% dan 3,3%, kurang baik. Kebersihan kaki tangan dan kuku baik 88,3%, Kurang baik 11,7%, Kebersihan rambut baik 96,7%, kurang baik 3,3%, Gigi dan mulut baik 93,3%, kurang baik 6,7%. Kebersihan mata baik 100% dan yang kurang baik 0%. Kebersihan hidung baik 100% kurang baik 0%. Sedangkan personal hygiene padasiswasdbaik85%, dan yang kurang baik sebanyak 15%. Saran: Diharapkan bisa menjadi masukan dalam mengupayakan pengembangan dan peningkatan siswa siswi SD Negeri 91 Palembang tentang personal hygiene dan dapat meningkatkan personal hygiene yang kurang baik pada siswa siswi supaya menjadi lebih baik lagi.
Kata Kunci : Personal Hygiene
Full Text:
PDFReferences
Akmal, et al. (2013). Hubungan Personal Hygiene dengan Kejadian Scabies di Pondok Islam Darul Ulum. Diakses tanggal 20 November 2018 jam 19:30 WIB
Antonim. (2013). Analisa Pengetahuan dan Sikap Murid SD tentang Kebersihan Diri di SD Negeri 55 Air Paca Padang (LPPM). STIKES Iyarsi
Azizah. (2011). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Pemulung tentang Personal Hygiene dengan Kejadian Scabies pada Balita Ditempat Pembuangan Akhir Kota Semarang. Dinamika kebidanan
Hidayat. (2013). Riset Keperawatan dan Teknik Penulisan Ilmiah. Edisi 1. Jakarta: Salemba Medika
Ikbal, Wahid, dkk. (2015). Buku Ajar Kebutuhan Dasar Manusia Teori dan Aplikasi. Buku 2. Jakarta: Salemba Medika
Islamudin, dkk. (2017). Gambaran Perilaku Personal Hygiene yang Berhubungan dengan Infeksi Soil Transmitted Helmith pada Anak Sekolah Dasar
Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Kemenkes RI.
Notoatmodjo. (2012). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Paune. (2013). Model-Model Kepribadian yang Sehat. Yogyakarta : PT Kanisius
Potter & Perry. (2005). Pundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Jakarta: EGC
Rejeki, Sri. (2015). Sanitasi, Hygiene, dan K3 (Kesehatan & Keselamatan Kerja). Bandung: Rekayasa Sains
Roper. (2002). Perawatan Personal Hygiene. Edisi Kedua. Jakarta: EGC
STIKES ‘Aisyiyah Palembang. (2018). Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah
Sudarto, Yudo. (2012). Hubungan antara Tingkat Pengetahuan tentang Menstruasi dengan Perilaku Hygiene pada Remaja Putri di SD 1 Ungaran
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
World Health Organization (WHO). (2015). Keadaan Tubuh yang Sehat. Modul. Genewa : Word Health Organization
DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v12i2.511
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.