PEMBERIAN AROMATERAPI LAVENDER UNTUK MENGURANGI NYERI PERSALINAN

Rezah Andriani

Abstract


Latar Belakang: Aromaterapi merupakan salah satu terapi nonfarmakologi untuk mengurangi nyeri persalinan dan merupakan sebuah terapi komplementer yang melibatkan penggunaan wewangian berasal dari minyak esensial. Minyak esensial dapat dikombinasikan dengan base oil (minyak campuran obat) yang dapat dihirup. Rasa sakit yang datang dengan kontraksi dapat dikurangi dengan aromaterapi yang berasal dari minyak esensial pada persalinan. Hal ini juga membantu wanita untuk mengatasi ketakutan dan kecemasan karena memiliki efek penenang pada sistem saraf. Tujuan: Diketahuinya efektifitas penerapan aromaterapi lavender untuk mengurangi nyeri persalinan. Metode: Desain dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan studi kasus case study). Tempat pelaksanaan di Praktek Mandiri Bidan Misni Herawati di Pakjo yang dilaksanakan pada bulan November sampai dengan Februari 2022. Analisis data pada penelitian ini menggunakan one grup pre test post test design. Hasil: Pemberian Aromaterapi Lavender pada saat Ny ”N” datang dengan pembukaan 4 cm dengan skor nyeri awal yaitu 8 (nyeri berat), setelah diberikan aromaterapi lavender selama proses persalinan berlangsung didapatkan hasil dari pengukuran skor nyeri dengan rata-rata 5 (nyeri ringan), terdapat penurunan rata-rata nyeri yang diukur dengan skala NRS. Pemberian aromaterapi lavender pada Ny “N” bermanfaat mengurangi rasa nyeri pada kala I persalinan. Saran: Agar peneliti selanjutnya dapat memodifikasi penelitian berupa metode, desain, dan menambah populasi dalam terapi aromaterapi lavender sebagai terapi non farmakologi yang dapat mengurangi nyeri persalinan.

 

Kata Kunci: Persalinan, Nyeri, Aromaterapi Lavender


Full Text:

PDF

References


Lestari Indah, D. (2012). Pengaruh Deep Back Massage Terhadap Penurunan Nyeri Persalinan. Jurnal Indonesian of Public Health, 9(1), 186–190.

Asmadi. (2008). Teknik prosedural keperawatan: Konsep dan Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta: salemba Medika

Rohani, dkk. (2011). Asuhan kebidanan pada masa persalinan. Jakarta: Salemba Medika.

AP dewi, Iga Prima. (2013). Aromaterapi Lavender sebagai Media Relaksasi, Bagian Farmasi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana.

Karlina, Sisca Dewi; Reksohusodo, Subandi Widayati, Aris. (2014). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Lvender secara Inhalasi terhadap Penurunan Intensitas Nyeri Persalinan Fisiologis pada Primipara Inpartu Kala I Fase Aktif di BPM Fetty Fathiyah Kota Mataram, Universitas Brawijaya Malang, Jawa Timur.

Indrati Dina DS. (2009). Efektivitas Terapi Aroma Terhadap Penurunan Kecemasan dan Nyeri Persalinan ibu bersalin kala I. Jurnal FIK UI.

Karlina, dkk. (2014). Pengaruh Pemberian Aromaterapi Lavender secara inhalasi terhadap Penurunan Intesitas Nyeri Inpartu Kala 1 Fase Aktif di BPM Fetty Fathiyah. Mataram.

Turlina, dkk. (2017). Pengaruh pemberian aromaterapi lavender terhadap penurunan tingkat nyeri pada ibu bersalin kala 1 fase aktif di BPM Ny. M Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan STIKES Muhammadiyah Lamongan.

Rahmawati dkk. (2020). Efektifitas pemberian aromaterapi lavender terhadap penurunan nyeri persalinan di RSHB Kota Batam. Jurnal Zona Kebidanan. 10(3):25-31




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v14i2.954

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats