KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN DI RUANG RAWAT INAP

Yenni Novrida, Leni Wijaya

Abstract


Latar Belakang: Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan, kegiatannya difokuskan pada kesembuhan pasien, perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, juga mencegah terjadinya masalah ilegal, memberikan kepuasan professional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit. Tujuan : Menganalisis komunikasi terapeutik perawat terhadap pasien di ruang rawat inap di RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam 3 informan dan 1 informan kunci menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode naratif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Hasil : Informan dan informan kunci memunculkan Tahap prainteraksi menyiapkan diri mencari informasi pasien dengan membuka data-data pasien, Tahap perkenalan dimana tahap saat pertama kali bertemu atau kontak dengan pasien, Tahap kerja perawat dan pasien bekerja sama untuk mengatasi masalah yang dihadapi, Tahap terminasi perawat telah menyelesaikan proses keperawatan secara keseluruhan dan mengevaluasi. Saran : Hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat yang ada di RSUD Siti Fatimah Palembang dapat memberikan komunikasi terapeutik dengan maksimal agar para pasien mengerti tindakan yang dilakukan oleh perawat.

 

Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Perawat, Pasien Rawat Inap


Full Text:

PDF

References


Afnuhazi, Ridhyalla. (2015). Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan Jiwa. Gosyen Publishing, Jakarta

Bakri, Maria. (2017). Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Yogyakarta : Pustaka Baru Press

Djati, Imansyah. (2016). Empati Perawat Pasien Gangguan Jiwa. Surakarta, 2016

Endraswara, Suwardi. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Tangerang: Pustaka Widyatama

Keliat, B.A (2013). Pesan Serta Keluarga Dalam Perawatan Klien Gangguan Jiwa. Jakara : ECG

Kholifah, Siti Nur. (2016). Keperawatan Gerontik. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Lontoh, Esther. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interna, Journal Of Community & Emergency ISSN 2337-7356

Muhith, Abdul, and Sandu Siyoto. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. Yogyakarta: Andi

Mundakir. (2016). Komunikasi Keperawatan, Aplikasi Dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Nesya.Pendalaman Materi Keperawatan MIKB3-Gangguan Komunikasi Pada Pasien. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019).

Notoatmodjo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta

Nugroho & Aryanti. (2018). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit islam kendal. Jurnal.unimus.ac.id/index.php/FIKkes/article/view/245/25

Pohan, Imbalo. S. (2019). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC

Prabowo, Tri. (2018). Komunikasi Dalam Keperawatan. Yogyakarta : PT. Pustaka Baru

Purba, Rostianna. (2021). Pengetahuan Dan Sikap Perawat Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Tapanuhi Tengah: Media Sains Indonesia

Putra Ardia. (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin. Jurnal Ilmu Keperawatan, ISSN 2338-6371

Putri, Auliana. (2021). Pengalaman Keluarga Pasien Menggunakan Bahasa Daerah Selama Dirawat Di Rumah Sakit. Sumatera Utara

Rahma, Nur. (2016). Komunikasi Terapeutik Antara Perawat Dan Pasien Di Puskesmas Antang Perumnas Makassar. Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Rohmadi, Nasucha. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia

Ruhyanudin, Faqih. Pendalaman Materi Keperawatan MIKB3-Gangguan Komunikasi Pada Pasien. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019).

Sembiring, Iskandar Markus. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi ISSN 2655-0830

Setiadi. (2013). Conny R. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo

Simamora, Roymond. (2013). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC

Soleman N & Cabu R. (2021).Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Maba, at http://e-jurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/leleani

Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Perawat Teori&Praktik. Jakarta : ECG

Tarigan, handy. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi

Transyah, H.C. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Endurance, 3 (1), 88-95

Wijaya, Leni. (2021). Buku Ajar Komunikasi Terapeutik Dalam Proses Keperawatan. Banten :YPSIM




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v14i2.956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats