KOMUNIKASI TERAPEUTIK PERAWAT TERHADAP PASIEN DI RUANG RAWAT INAP
Abstract
Latar Belakang: Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan, kegiatannya difokuskan pada kesembuhan pasien, perawat yang memiliki keterampilan berkomunikasi tidak saja akan mudah menjalin hubungan rasa percaya dengan pasien, juga mencegah terjadinya masalah ilegal, memberikan kepuasan professional dalam pelayanan keperawatan dan meningkatkan citra profesi keperawatan serta citra rumah sakit. Tujuan : Menganalisis komunikasi terapeutik perawat terhadap pasien di ruang rawat inap di RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2022. Metode : Penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam 3 informan dan 1 informan kunci menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode naratif. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah wawancara dan observasi. Hasil : Informan dan informan kunci memunculkan Tahap prainteraksi menyiapkan diri mencari informasi pasien dengan membuka data-data pasien, Tahap perkenalan dimana tahap saat pertama kali bertemu atau kontak dengan pasien, Tahap kerja perawat dan pasien bekerja sama untuk mengatasi masalah yang dihadapi, Tahap terminasi perawat telah menyelesaikan proses keperawatan secara keseluruhan dan mengevaluasi. Saran : Hasil penelitian ini diharapkan kepada perawat yang ada di RSUD Siti Fatimah Palembang dapat memberikan komunikasi terapeutik dengan maksimal agar para pasien mengerti tindakan yang dilakukan oleh perawat.
Kata Kunci : Komunikasi Terapeutik, Perawat, Pasien Rawat Inap
Full Text:
PDFReferences
Afnuhazi, Ridhyalla. (2015). Komunikasi Terapeutik Dalam Keperawatan Jiwa. Gosyen Publishing, Jakarta
Bakri, Maria. (2017). Manajemen Keperawatan Konsep dan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Yogyakarta : Pustaka Baru Press
Djati, Imansyah. (2016). Empati Perawat Pasien Gangguan Jiwa. Surakarta, 2016
Endraswara, Suwardi. (2006). Metode, Teori, Teknik Penelitian Kebudayaan. Tangerang: Pustaka Widyatama
Keliat, B.A (2013). Pesan Serta Keluarga Dalam Perawatan Klien Gangguan Jiwa. Jakara : ECG
Kholifah, Siti Nur. (2016). Keperawatan Gerontik. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia
Lontoh, Esther. (2017). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Interna, Journal Of Community & Emergency ISSN 2337-7356
Muhith, Abdul, and Sandu Siyoto. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health. Yogyakarta: Andi
Mundakir. (2016). Komunikasi Keperawatan, Aplikasi Dalam Pelayanan. Yogyakarta: Graha Ilmu
Nesya.Pendalaman Materi Keperawatan MIKB3-Gangguan Komunikasi Pada Pasien. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019).
Notoatmodjo, Soekidjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
Nugroho & Aryanti. (2018). Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rumah sakit islam kendal. Jurnal.unimus.ac.id/index.php/FIKkes/article/view/245/25
Pohan, Imbalo. S. (2019). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta : EGC
Prabowo, Tri. (2018). Komunikasi Dalam Keperawatan. Yogyakarta : PT. Pustaka Baru
Purba, Rostianna. (2021). Pengetahuan Dan Sikap Perawat Terhadap Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD). Tapanuhi Tengah: Media Sains Indonesia
Putra Ardia. (2013). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin. Jurnal Ilmu Keperawatan, ISSN 2338-6371
Putri, Auliana. (2021). Pengalaman Keluarga Pasien Menggunakan Bahasa Daerah Selama Dirawat Di Rumah Sakit. Sumatera Utara
Rahma, Nur. (2016). Komunikasi Terapeutik Antara Perawat Dan Pasien Di Puskesmas Antang Perumnas Makassar. Makassar: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar
Rohmadi, Nasucha. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia
Ruhyanudin, Faqih. Pendalaman Materi Keperawatan MIKB3-Gangguan Komunikasi Pada Pasien. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, (2019).
Sembiring, Iskandar Markus. (2019). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap. Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi ISSN 2655-0830
Setiadi. (2013). Conny R. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Grasindo
Simamora, Roymond. (2013). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. Jakarta : EGC
Soleman N & Cabu R. (2021).Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Maba, at http://e-jurnal.lppmunhena.ac.id/index.php/leleani
Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Perawat Teori&Praktik. Jakarta : ECG
Tarigan, handy. (2019). Pengaruh Komunikasi Terapeutik Petugas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Herna Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi
Transyah, H.C. (2018). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Endurance, 3 (1), 88-95
Wijaya, Leni. (2021). Buku Ajar Komunikasi Terapeutik Dalam Proses Keperawatan. Banten :YPSIM
DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v14i2.956
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.