HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PERILAKU BULLYING TERHADAP REMAJA DI MTs NEGERI

Riko Sandra Putra, Maryanti Maryanti

Abstract


Latar Belakang: Kekerasan bullying di dunia pendidikan menjadi masalah yang sering muncul. berupa kekerasan fisik, ejekan, olokan verbal, dan gangguan sosial. Dampak bullying mengancam semua pihak terlibat, yaitu depresi, marah, rendahnya tingkat kehadiran, rendahnya prestasi akademik siswa dan kemampuan analisa siswa. Dukungan keluarga membantu remaja membagi beban memperkuat pola positif, memberi pengarahan agar remaja dapat membuat keputusan yang logis. Tujuan: Mengidentifikasikan Hubungan Dukungan Keluarga dengan Perilaku Bullying terhadap Remaja. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian semua siswa kelas VIII. Sampel penelitian berjumlah 84 responden yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Analisis menggunakan distribusi frekuensi variabel independen (dukungan keluarga) dan karakteristik (usia, jenis kelamin, pendidikan), variabel dependen (perilaku bullying). Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi-square. Penelitian telah dilakukan di MTSN 1 Palembang tanggal 14 Januari - 12 Febuari 2025. Hasil: Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dan perilaku bullying pada remaja di MTs Negeri 1 Palembang dengan nilai p-value = 0,000 (< 0,05). Saran: Keluarga agar dapat memberikan perhatian, komunikasi yang baik, serta dukungan emosional dan moral  membantu remaja mengembangkan empati, kontrol diri, dan keterampilan sosial yang positif serta protektif yang kuat mendorong remaja memahami dampak negatif bullying dan membentuk perilaku yang lebih positif dalam interaksi sosial. Kata Kunci: Dukungan Keluarga, Perilaku Bullying, Remaja

Full Text:

PDF

References


Afni, N., at al (2024). Dampak bullying terhadap perkembangan emosional siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Education and Learning, 7(2), 23–36.

Ahmad, N. (2021). Analisis perilaku bullying antar siswa terhadap pembentukan karakter siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, November, 150–173.

Akbar, R., at al (2024). Analisis data penelitian kuantitatif. Jurnal Pelita Nusantara, 1(3), 430–448.

Almira, N. S., at al. (2021). Analisis fenomenologis interpretatif tentang definisi bullying dan harga diri bagi korban bullying. Jurnal Psikologi Integratif, 9(2), 209.

Arisanty at al. (2024). Faktor-faktor psikologis penyebab perilaku bullying. Blantika: Multidisciplinary Journal, 2(6), 657–666.

Ayuni, D. (2021). Pencegahan bullying dalam pendidikan anak usia dini. Journal of Education Research, 2(3), 93–100.

Azahra, M., at al. (2024). Implementasi tentang kebijakan pencegahan aksi bullying oleh remaja di sekolah. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(6).

Eka Afriani, at al. (2023). Dampak bullying verbal terhadap perilaku siswa di SMA Negeri 3 Payakumbuh. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, dan Sosial Humaniora, 1(1), 72–82.

Faturohman, B., at al. (2024). Analisis perlindungan hak pada manusia terhadap anak yang menjadi korban bullying. Amandemen: Jurnal Ilmu Pertahanan, Politik dan Hukum Indonesia, 1(3), 152–160.

Febriansyah, D. R., at al. (2024). Fenomena perilaku bullying sebagai bentuk kenakalan remaja di SMK-TI Pembangunan Cimahi. c.

Fitriani, T., & at al. (2023). The relationship between the family environment and the incident of bullying at SDN 31 Bontoraja. Jurnal Life Birth, 7(1), 24–32.

Wahyuningsih, H. (2023). Peran guru dalam mengatasi bullying di PAUD. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 163–173.

Haslan, M. M., at al. (2022). Faktor-faktor mempengaruhi terjadinya perilaku perundungan (bullying) pada siswa SMPN se-Kecamatan Kediri Lombok Barat. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 9(2), 24.

Iba, Z., & at al. (2023). Landasan teori, kerangka pemikiran, penelitian terdahulu, dan hipotesis. (Nomor July).

Ikzaaz Abdallah, at al. (2024). Peran masyarakat terhadap pencegahan dan penanggulangan bullying pada anak ditinjau dari sosiologi hukum (Studi kasus kasus bullying remaja perempuan di Batam). Jurnal Hukum dan Kewarganegaraan, 3.

Irfan, A., & at al. (2023). Peran orang tua dalam mengatasi masalah kenakalan remaja ditinjau dari UU Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. UNES Law Review, 6(2), 7124–7136.

Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam Islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1), 243–256.

Jasmin, M., at al. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Panggabean, H., at al. (2024). Fenomena Bullying dalam Perspektif Hukum Pidana di Indonesia. Jurnal Hukum Indonesia, 9(1), 45–53.

Pratama, D. A., at al. (2023). Dampak Sosial dari Perilaku Bullying di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 15(2), 122.

Putri, R., at al. (2023). Peran Konselor Sekolah dalam Pencegahan Bullying pada Siswa SMP. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 4(1), 32–40.

Rahmawati, N. L. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter untuk Mencegah Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(3), 201–212.

Rahmi, Z., at al. (2023). Pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Bullying di Kalangan Remaja. Jurnal Komunikasi dan Teknologi Informasi, 2(2), 94–105.

Ramdani, A., at al (2024). Studi Kasus Dampak Bullying Verbal terhadap Kesehatan Mental Siswa SMP di Kabupaten Sukabumi. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(4), 89–102.

Rani, W., at al (2023). Strategi Orang Tua dalam Mengatasi Perilaku Bullying pada Anak. Journal of Family and Child Development, 3(1), 49–60.

Rosita, N., at al (2024). Perilaku Bullying dan Upaya Pencegahannya di Sekolah Menengah Atas. Journal of Social Studies and Education, 7(1), 65–76.

Safitri, I., at al (2023). Kajian Literatur tentang Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Kajian Sosial, 10(2), 143–152.

Sari, M. A., at al (2024). Hubungan Dukungan Guru dengan Pencegahan Bullying pada Remaja di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(4), 28–37.

Siska, R., at al (2023). Peran Media Elektronik dalam Mengurangi Perilaku Bullying pada Anak. Indonesian Journal of Media and Education, 6(2), 150–162.

Taufik, A., at al (2023). Dampak Psikologis Bullying pada Anak di Lingkungan Keluarga. Jurnal Psikologi Indonesia, 11(1), 55–64.

Wahyuni, N. F., at al (2024). Perilaku Bullying dan Implikasinya pada Perkembangan Sosial Anak. Jurnal Ilmu Sosial, 8(3), 231–240




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v17i1.1371

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

Web Analytics Made Easy - StatCounter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats