DETERMINAN PERILAKU PENDUDUK TENTANG HIGIENE DAN SANITASI DALAM MENERAPKAN CUCI TANGAN

Andre Andre, Heru Listiono, Sutriyati Sutriyati

Abstract


Latar Belakang: Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) adalah salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari-jemari menggunakan air dan sabun untuk menjadi bersih. Dipengaruhi beberapa factor seperti: Pengetahuan, Pendidikan, sarana cuci tangan, peran petugas tenaga kesehatan dengan cuci tangan yang baik. Tujuan: Mengetahui hubungan antara (pengetahuan, pendidikan, sarana cuci tangan, peran petugas tenaga kesehatan) dengan penerapan cuci tangan di wilayah RT 44 Kelurahan 3-4 ulu kecamatan seberang Ulu 1 Palembang tahun 2020. Metode: Desain penelitian ini adalah Cross sectional, penelitian dilakukan pada bulan Juni 2020 di RT 44 Kel 3-4ulu kec seberang Ulu 1 palembang dengan populasi masyarakat di wilayah RT 44 Kelurahan 3-4 ulu kecamatan seberang Ulu 1 Palembang dan sampel penelitian berjumlah 46 orang. Analisis data yang digunakan analisis univariat (proporsi), bivariat (uji chi square). Hasil: Hasil analisis menunjukkan bahwa Pengetahuan (p-value = 0,010), pendidikan (p-value = 0,009), sarana cuci tangan  (p-value = 0,001) dan peran petugas tenaga kesehatan (p-value = 0,008,) ) memiliki hubungan signifikan dengan cuci tangan yang baik. Saran: Diharapkan pada setiap rumah dapat menyediakan tempat cuci tangan yang di lengkapi dengan sabun yang di letakkan di depan rumah agar mudah di jangkau.

 

Kata kunci: Pengetahuan, Pendidikan, Sarana Cuci Tangan, Peran Petugas


Full Text:

PDF

References


Bahri, L. (2020). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa DN Di Kecamatan Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung

Effendi, S.U., Aprianti, R., & Futubela, S. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Mencuci Tangan Menggunakan Sabun pada Siswa di SD Negeri 08 Lubuk Linggau. Journal of Nursing and Public Health, 7(2), 62-71.

Hastono, S. P. (2001). Analisis Data. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Lestari, A. O. A. W. (2019). Hubungan Pengetahuan dan Sikap terhadap Perilaku Cuci Tangan pada Masyarakat Kelurahan Pegirian. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 7(1), 1-11.

Murwanto, B. (2017). Faktor Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) di SMP. Jurnal Kesehatan, 8(2), 269-276.

Notoadmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan: Rineka Cipta.

Risnawaty, G. (2016). Faktor Determinan Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) pada Masyarakat di Tanah Kalikedinding. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 4(1), 70-81.

Sitorus, N., & Fransisca, L. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Cuci Tangan pakai Sabun pada Siswa SD Negeri 157 Kota Palembang Tahun 2014. JPP (Jurnal Kesehatan Poltekkes Palembang), 2(14).

Tahlil, T. (2017). Ketersediaan Fasilitas dan Perilaku Cuci Tangan pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 2(3).




DOI: https://doi.org/10.36729/bi.v12i2.489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Web Analytics Made Easy - StatCounter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Web AnalyticsWeb Analytics Made Easy - StatCounter

View My Stats